Sebelum UTS, aku masih lumayan ngeh sama apa yang diomongin, walaupun nggak semua. Waktu itu semangat banget belajarnya. Seingetku, UTS nya dulu siang atau sore gitu. Paginya, jam 7 tet aku disambut oleh UTS Perilaku Manusia. Memang hari itu kita ujian dua biji (yang Perilaku Manusia dianggep enteng, hihi). Jadi cobalah bayangkan rupa saya dan teman-teman saya pagi itu. Setelah semaleman begadang demi menjejalkan dua materi matkul itu ke otak, bahkan sampe nggak tidur segala, paginya harus udah ada di kampus jam 7. Sebenernya waktu perjalanan ke kampus aku udah nebak, pasti pada nggak mandi semua ini, jadi kalopun aku nggak mandi juga bakalan banyak temennya. Aku juga sempet mikir nggak usah mandi sih, tapi untungnya berubah pikiran 15 menit sebelum nyalain motor.
Perjuangan begadang semaleman itu belum cukup, sodara-sodara, terutama buat aku yang aslinya nggak mudeng-mudeng banget. Lalu akhirnya aku dan sekelompok cewek-cewek yang ngefans berat sama Om Kimia Organik ini (suer, boong banget deh!) memutuskan untuk ngejogrok bersama di pojokan lante tiga Perpus Kampus B nan damai bernama National Building Corner, pojokan paling keren di perpus. Dimana ada jendela, kursi dan meja kayu, bantal, sofa, tv, karpet. Huaah, dijamin betah deh kalo di sana.
Tiga jam sebelum ujian, aku nyadar, bakalan susye (susah.red) kalo harus memahami dan mendalami materi gugus-gugusan karbon ini dalam sekejap. Malah yang ada aku ngeliat gugus bintang siklik muter-muter di atas kepalaku. Hahaha. Jadi aku mantep menghapal semua materi, ya semuanya! Ngerti nggak ngerti, hapalin aja sampe butut. Aku juga mengucap dalam hati, “Prof, pak dan bu dosen, maaf yaa… muridmu yang satu ini kayaknya menderita sponge syndrome. Pengennya dapet nilai bagus di ujian, tapi nulis struktur sec-butil sama iso-butil aja ketuker-tuker. Jadi cara satu-satunya sekarang adalah ngapalin semua yang sekiranya bisa diapalin. Jangan ungkit-ungkit asal sekolah saya dulu deh, Prof. Dulu saya diajarin Kimia Organik koq, cuma nggak pernah merhatiin aja, makanya sekarang begoo. Hehehe.”
Dan keliatan beda banget ternyata orang yang ngerti dan orang yang hapalan mentah. Temen-temenku yang ngerti menghubungkan stereokimia dengan gosip Anang-Ashanti yang waktu itu lagi ditayangin di TV. Sedangkan aku yang pura-pura ngerti cuma ngapalin omongin mereka aja, nggak jauh beda sama tape recorder. Hehehe.
Nah setelah UTS, materinya makin sulit T.T sedih kan kalo waktunya kuliah, temen-temen laen mudeng, aku enggak. Makanya, aku seneng terpaksa bolos kuliah KimOr karena praktikum Gravimetri. Huahahaha (sesat).
Yang parah waktu aku disuruh ngerjain tugas mekanisme reaksi di papan tulis. Jelas, aku gelagapan. Itu tugas dikasihnya seminggu yang lalu, jangankan ngerjain, buka diktatnya aja enggak. Dan saking lupanya, meski nggak ngerjain tugas, aku duduk di baris depan dengan pedenya. Cari mati yaa -.-“
Gini kronologinya,
Prof : Minggu lalu ada tugas kan ya? Yang bikin mekanisme reaksi itu?
Anak-anak : Iyaa
Aku : Hah? Tugas apa? Mekanisme reaksi yang mana?
Prof : Nah sekarang coba satu orang ngerjain di depan. Yang namanya Uuuu (sambil nginget-nginget dan garuk-garuk) Uuulil.. Mana yang namanya Ulil?
Aku dan anak-anak laen : (tengok-tengok) belum dateng, Pak!
Prof : Lho, belum dateng? Kalo gitu... emmm... (mikir lagi)... Chyntia...
Aku : Heeggh... (langsung noleh kanan-kiri dengan panik)
Prof : Chyntia ada?
Aku : (angkat tangan)
Prof : Nomor mahasiswanya di awal-awal ya, di atasnya Ulil?
Aku : Iya, Pak.
Prof : Karena Ulil nggak ada, Chyntia aja yang mengerjakan. Yaak, silakan.
Aku : (mbatin : arrrrgh, gara-gara Ulil ini.. gue jitak-jitak lu ntar)
Aku : (maju nulisin jawaban dengan berbekal kertas jawaban dari Iin. Nggak modal banget)
Begitu aku selese ngerjain, Ulil dateng. Tampangnya innocent pula. Enak lu nggak ngerjain di depan, Lil. Hmmmh -.-“
Udah gitu, waktu belajar bareng anak-anak KeCe (Kelas C), aku yang nggak mudeng ini, nanya melulu ke temenku yang waktu itu bertugas sebagai tutor.
“Lho koq elektronnya bisa pindah? Kenapa koq pindahnya ke sana, nggak ke sini? Kenapa koq gugus yang ini non-aromatik? Kenapa koq ikatannya bisa putus?”
Kata dia, “Ya otakmu itu yang putuuuuss!!!”
Huahahahahahaha. Saking emosinya ngajarin aku nggak bisa-bisa.
Mindset terhadap KimOr harus diubah nih. Bisa makin parah kalo nggak ngertinya makin numpuk. Ckckck.
Dan yang lebih penting lagi, belajarnya yang serius... (nah ini yang susah :p)
Yo, semangat! Masa' sama gugus rantai karbon aja kalah? Gimana mau bikin obat Chyntiamycin? xp
huahahaha... lucu lucu.. otak kita putus masalah kimor!! :DD
ReplyDelete