Thursday, July 19, 2012

Published 11:19 AM by with 0 comment

Kece The Explorers #2

Lanjut kisah petualangan Kece!

Sebelum baca yang ini, baca posting sebelumnya dulu di sini

Bentar bentar, kita nyanyiin dulu soundtracknya. Matahari terbenam, hari mulai malam, terdengar burung hantu suaranya merdu, kukuuk kukuk kukuk kukuk kukuk... Btw, emangnya suara burung hantu merdu? Mungkin yang bikin lagu belum pernah denger suara kutilang, atau mungkin suara gueh. #uhuk.

Kemaren ceritanya sampai 3 regu misah trus saling menyorotkan lampu senter dari kejauhan, kan ya?

Sambil nunggu temen-temen yang liat kawah turun, aku dan temen-temen serombongan nyemil coklat dan gula jawa. Maem gula jawa bisa nambah energi dan nggak bikin haus lho. Ada juga yang bawa oreo.

Kriuk kriuk. Suara itu memecah suasana di antara obrolan. Hari mulai malam.

Kriuk kriuk.

Lalu suara Rizal dari atas tangga lebih memecah suasana, "Ooooiii, cuma keliatan beluk sate!!!"

Hahahaha. Kita tertawa puas. Nggak rugi lah kita nggak sampe puncak.

Karena yang liat beluk sate tadi lama turunnya, kita mutusin untuk turun duluan, pengen tau keadaan temen-temen yang berhenti lebih dulu tadi. Masalahnya tanda dari lampu senter mereka mulai nggak keliatan karena kabut semakin tebal.

Setelah akhirnya semua regu bersatu, kita berdoa bareng, menghitung jumlah anggota dan melanjutkan perjalanan bareng-bareng. Dingin semakin tak bersahabat. Ketika sudah bener-bener gelap, kita mulai hilang arah. Jalan yang kita lewati tadi sudah nggak keliatan. Sorot lampu senter jangkauannya nggak seberapa jauh. Di sekitar kami hanya lautan pasir sejauh mata memandang, memang ada cahaya lampu rumah penduduk yang keliatan, tapi itu jauuuuuh banget. So we move in the dark...

Dengan berbekal beberapa senter dan kompas di galaxy tab punya Dita, kita terus menyusuri lautan pasir itu. Jangan kira begitu liat kompas kita langsung tau arah pulang. Ngeyel-ngeyelan pun sempat terjadi.

A : Timur! Kita harus ke timur, tadi kita datengnya dari arah matahari terbenam.
B : Bukan, kalau ke timur tambah jauh.
X : Kalo menurutku utara. Pura ada di sana, kita dateng lewat sebelahnya pura.
Y : Hmm kita liat bintang-bintang aja
C : Wah iyaa bintang-bintangnya bagus yaa...
Y : Bukan bagusnya yang diliat. Itu tuh, ada rasi bintang macem-macem.
C : Oh, terus yang nunjukin arah pulang yang mana?
Y : ......... Wah iya bagus banget ya bintangnya
C : Gimana sih lu -__-

Di tengah situasi panik itu, hpku bunyi. Ada telpon. Berharap yang nelpon adalah orang yang nggak sengaja ngeliat tanda S.O.S dari kita trus nawarin jemput pake helikopter.
C : Halo
X : Halo. Mbak, eval buat lpj belum dikirim sama mbak Cupril. Gimana ya mbak, padahal aku udah mau pulang ini.
C : Err... nanti malem deh aku dektein evalnya.
X : Oh gituu...
C : Err iya dek, soalnya sekarang masih nyasar di gunung nih aku.
X : Waah maaf maaf mbak.
C : Iya iya nggak apa.

Untung dia nggak bilang "selamat nyasar ya, mbak". Hahaha. Waktu temen-temen aku ceritain tentang obrolan absurd di tengah lautan pasir itu, mereka ketawa ngakak.

Kita akhirnya sepakat menuju ke utara, dan sudah nelpon Pak Tono, guide kita, yang nyuruh kita berdiri di dataran paling tinggi dan nyalain tanda S.O.S. Tapi kalo kita diem, takutnya kaku kedinginan di sana dan semakin panik.

"Ayo berhitung! Oke, sekarang jalannya dua-dua yaa. Diajak ngomong temen sebelahnya, jangan diem aja. Ngomongin apa aja boleh, ngomongin orang juga gapapa deh. Kalau ada yang sakit, ada yang kenapa kenapa cepetan bilang. Yang nggak bawa senter, jalannya di tengah. Yang bawa senter di depan sama di belakang." komando Pak Rektor Kece ketika dataran mulai nggak rata.

Temen di sebelahku manggil-manggilin aku kayak udah lama nggak ketemu. Aku diem, bikin dia agak merinding disko. Tapi setelah agak lama, kita malah ngobrol tentang film horror. Gantian aku yang merinding........

C : Pegel, pengen pijet.
D : Jadi inget di film Final Destination tadi, ada yang mati pas akupuntur. Ketusuk-tusuk, terus...
C : Dieeeemm, cukuuuup
D : He nggak boleh diem lho.
C : Jangan ngomongin itu lagi, udah udah (parno mode on)

Begitu kita udah nyampe pagar pembatas,rasanya legaaa banget,bearti bentar lagi kita keluar dari lautan pasir itu. Beberapa teman yang "agak mengkhawatirkan" diangkut pake ojek sama Pak Tono and friends. Aku yang agak-agak ngerasa kumat darah rendahnya memutuskan untuk jalan terus, walaupun sering berenti-berenti waktu udah nyampe jalan menanjak.

Jam setengah sepuluh malem, kita nyampe di villa. Afif dan Pak Sopir menyambut kita dengan baik : "Lho wes mbalik, rek? Wes teko endi ae mau?"

Grrr masih untung kita bisa balik, Pak Komting -__- Bayangin kalau kita nggak balik, penghuni kelas C bakal berkurang sebanyak 21 orang. Ckckck.

Akhirnya saya menyadari, walaupun saya tukang nyasar, tapi alhamdulillah selama ini nyasarnya di kota, yang masih ada petunjuk jalan, masih ada orang-orang untuk ditanyai. Beda sensasi dengan nyasar di gurun pasir.Memang nyasarnya rame-rame sih. Tapi walaupun rame-rame semuanya kan sama-sama nyasar.

Yah ini semacam pelatihan leadership yang paling nyata. Beda dengan pelatihan leadership yang biasanya hanya bersifat teoritis.

Kalau boleh agak dramatis, sebenernya keren juga ya ceritanya anak-anak Kece ini. Nyasar di gurun pasir malem-malem, hanya berbekal senter dan kompas (dan gula jawa dan oreo), bisa kembali dengan selamat. Sungguh kalau bukan karena kuasa-Nya, nggak mungkin kita bisa kembali, dan nggak mungkin aku masih bisa menulis cerita ini di kamar dengan tenang. :)
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .