Sunday, August 15, 2010

Published 11:14 AM by with 1 comment

Karnaval

Minggu lalu aku sibuk liburan di Nganjuk. Aku ikut menikmati agenda Agustusan di kota kecil itu. Tapi suer, meski kota kecil, tapi acara Agustusannya sama sekali nggak kecil. Acaranya sangat sangat meriah dan foya-foya banget menurutku. Nggak banyak kota-kota lain di Indonesia yang bisa sekeren ini pesta Agustusannya.

Di Surabaya aja nggak terlalu gila-gilaan setauku. Paling-paling cuma lomba-lomba di kampung, dan selebihnya event-event standart kayak jalan sehat, gerak jalan anak sekolah dan semacamnya. Nggak tau juga sih, mungkin aku yang nggak update info event-event Agustusan. Hehe.

Kalo di Nganjuk, eventnya gede-gedean. Ada lomba bazaar antar desa, lomba sepeda hias, lomba cerdas cermat, gerak jalan belasan kilometer jauhnya, karnaval. Gerak jalan pun macem-macem, ada tingkat SD, SMP, SMA. Tiap wilayah bagian ngadain sendiri-sendiri. Begitu juga karnaval. Tapi karnaval yang paling keren di pusat kota. Ada karnaval SMP, SMA, ada juga karnaval Umum. Belom lagi acara panggung budaya, pertunjukan wayang, trus parade-parade segala macem. Semuanya ngabisin duit yang nggak dikit, bro. Murah hati sekali orang-orang kalo soal pesta kemerdekaan ini.

Yang paling berkesan buat aku, karnaval! Aku sempet nonton yang karnaval anak SMP-SMA. Keereeen gilak. Kreatif-kreatif euy. Tiap tim berlomba-lomba bikin parade sebagus mungkin. Keliatan banget bedanya yang berani ngeluarin duit banyak sama yang nggak. Asal tau aja ya, tiap sekolah yang menerjunkan timnya – apalagi yang luar biasa keren - ngeluarin bajet nggak kurang dari 7 jute buat properti. Dan tiap peserta, terutama cewek, yang kebagian peran jadi cucuk lampah (pemimpin barisan paling depan dengan riasan paling cantik bak dewi kayangan nyasar di kali Brantas) harus ngeluarin duit sekitar 1 jute untuk riasan dan sewa kostumnya. Oh Gosh, duit sejutee men! Cuma buat riasan dan sewa kostum untuk beberapa jam doank? Kalo aku sih ogah. Atau kalo terpaksa, aku nggak bakal ganti baju dan menghapus riasan selama seminggu kali’ yaa.

Dalam satu tim ada macem-macem peran. Diurutin dari depan biasanya cucuk lampah, pembawa spanduk, pembawa foto presiden dan wakilnya, pembawa bendera, mayoret dan drumbandnya, barisan anak-anak yang melambangkan profesi seperti polisi, dokter, tentara, dll. Terus yang berbaju adat berpasang-pasangan cewek-cowok, baru habis itu teserah kreasi tim masing-masing. Ada yang jadi putri merak, barongsai, atau jadi tokoh-tokoh dalam cerita daerah.

Aku paling suka sama peragaan cerita epos “Suminten Edan” di karnaval anak SMP. Ada yang tau epos itu? Aku sendiri nggak tau, dan baru tau di karnaval itu. Hahaha. Pokoknya ada sekelompok anak cowok berbadan gede pake baju item-item kayak dukun santet, kacamata item, jambang lebat dan mereka jalan dengan gaya orang mabok duren. Kayaknya mereka yang namanya Suminten Edan. Semoga nggak beneran edan. Ckckck. Trus di belakangnya ada replika macan guede banget yang mulutnya lagi menganga. Keren banget tuh macan. Lebih keren dari trio macan!

Anyway, waktu kecil aku sering ikut karnaval lho. Aku selalu kebagian pake baju adat. Waktu TK, pake baju adat Aceh. Waktu SD pernah pake baju adat Jambi sama Lampung.

Beda sama adekku yang dulu sering dapet peran aneh-aneh. Salah satunya jadi penyanyi lagu daerah sambil joget-joget di atas mobil pikap. Sumpah, kepedean banget anak itu. Mama sampe terheran-heran dan terpingkal-pingkal ngeliatnya.

Aku kasih foto-foto karnavalnya nih… Banyak yang nggak sip fotonya, maklum karnavalnya jalan sih, jadi susah ngambil gambarnya, padahal aku udah motret dengan gaya fotografer professional (gaya doank, sebenernya amatiran banget. Hahaha)

Annoying Orange and The Black Parade. Hahaha, nice title!

Anyway, ada yang suka nonton video Annoying Orange di Youtube?

Mayoret dan Tim Flag Paradenya

Barisan Pembawa Bendera.

Aduh, nak…yang bener donk, jangan nusuk perut pake tiang bendera gitu, kayak Limbat aja. Ckckck.

Barisan Baju Adat.

Ngapain pada nengok-nengok gitu? Temennya ada yang ilang satu kah? Buruan cariin gih, tadi melayang kebawa angin kali’.

Nah mumpung suasana lagi damai dan hepi, foto Pak Presiden nggak dijadiin ajang demo kayak biasanya, malah dihias sama pita merah putih dan diarak keliling kota. Harapan Pak Presiden : semoga yang kayak gini ini terus dibudayakan, nggak dalam rangka karnaval doank. Merdeka!

Barongsai

The Wonderful Macan

Putri Merak yang Anggun


Ini fotoku waktu karnaval TK

      edit

1 comment:

  1. biarin PD,, yg pnting kan nguri2 budoyo jawi :p

    ReplyDelete

yuuk komen yuuk . . .