Thursday, January 27, 2011

Published 2:42 PM by with 0 comment

KEONG MEMANCING IKAN BAWEL

Hari Sabtu kemaren aku habis mancing sama temen-temen Keong lhoo. Nggak semua ikut sih, tapi lumayan banyak yang ikut. Seruuu banget… rugi deh yang nggak ikut!

Seperti biasa, kita ngumpulnya di rumah Ocid, trus berangkat bareng-bareng naek motor.

Peserta yang ikut waktu itu…
Aku, Rere, Sapari, Dina, Ateng, Susi, Ocid, Agin, Ketut, Lidya, Cupi, Ageng, Putri, Pakde, Dharu.

Yang memprovokatori acara mancing ini adalah Dharu. Yang paling semangat adalah Rere. Yang paling hobi mancing adalah Ocid. Yang paling banyak makannya adalah Susi. Hahaha.
Kita janjian ngumpul di rumah Ocid jam 8 pagi, trus tunggu-tungguan, dan baru berangkat jam 9. Itu pun masih jemput-menjemput. Pertama jemput Lidya di gerbang Wiguna, terus jemput
Ageng di rumahnya, terakhir jemput Putri di rumahnya.

Aku sempet iseng teriak-teriak di rumah Putri.

“Putriii… Putriii… mancing yuuuk!!!”

Kayak di iklan obat flu anak-anak itu maksudnya. Geje deeh..

Dan akhirnya kita mencapai lokasi pemancingan yang terletak di daerah Sidoarjo sekitar jam 11.
Gilak, nggak kurang jauh apa milih lokasinya. Gitu bilangnya deket rumahnya Putri. Sampe pegel tauk naek motor ke sana. Seperti biasa juga, anak-anak itu nggak kompak kalo lagi di jalanan. Ada aja anggota yang ilang ataupun nyasar. Kita jadi sering berhenti dan tunggu-tungguan. Pantesan aja nggak nyampek-nyampek.

Tiap kali berhenti, si Rere selalu nanya, “udah nyampek ta?”

Ada sepuluh kali mungkin dia nanya gitu.

Pas akhirnya nyampek di tempat pemancingan, kita duduk di lesehan di depan kolam Mujair. Ocid dan Dharu mulai ribet nyiapin alat pancingnya. Trus anak-anak juga nyewa beberapa alat pancing. Awalnya pada mancing di kolam Mujair semua, tapi beberapa menit kemudian pada nyebar. Ada yang ke kolam Bawal dan kolam Gurame.

Celetukannya Ketut, "Bawal itu kan yang cerewet itu kan? Nggak enak dimakan tauk!"

Hasyem, itu mah bawel.



Aku juga nyobain mancing Gurame. Tapi nggak dapet-dapet sampe bermenit-menit lamanya.
Padahal ada ikan Gurame segede telapak tangan berenang-renang di deket kita, ngece-ngece.
Aku yang emang dasarnya nggak sabaran, nggak betah banget diem nungguin ikan makan umpan. Eh ternyata Agin lebih nggak sabaran lagi. Dia mancing sambil pindah-pindah tempat.
Dan setelah lumayan garing, akhirnya kita tau penyebab si Gurame nggak mau makan umpan kita. Tadinya aku kirain ikannya nggak nafsu makan karena males liat mukanya Agin (huakakak). Ternyata bukan itu, tapi karena umpannya salah.

Beberapa jam kemudian, akhirnya anak-anak yang kelaperan ini udah nggak sabaran lagi pengen cepetan makan ikan. Setelah berhasil maksa-maksa Ocid untuk udahan mancingnya (anak itu kelewat betah mancingnya -.-“), ikan-ikan hasil pancingan kita pun diproses di dapur.

Yang aku heranin, cuaca di sekitar sana labil banget. Pas kita mancing tadi, panasnya masyaallah. Eh begitu kita udah selese mancing, berubah jadi hujan badai. Sampe piring-piring kita jungkir balik semua di bawah meja. Rencana naek sepeda air pun batal sudah. -.-“

bersama si calon ikan bakar

*Aslinya aku takut setengah mati sama hujan deres dan angin kenceng kayak gitu, tapi nggak mau ngaku ah. Ntar dibilang cemen. Mending diam dan mengkeret di belakang punggungnya Dharu aja.

Akhirnya sore itu kita harus puas dengan makan ikan bawel, eh bawal; beberapa ikan mujair; dan seekor ikan patin yang kita beli di dapur. Alhamdulillah anak-anak nggak ada yang bawel.

Jadi keinget lagunya Siti Nurhaliza pas jaman aku SMP…

“Panas terik hujan badai kita lalui bersama.... tak kan hilang arah tujuan, kau tau kemana berjalan. Meski terang, meski gelap, kita lalui bersama...”

Hahaha.

Pokoknya kalo sama mereka, adaa aja cerita berkesan. Nyesel deh kalian yang nggak ikut!!! :p
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .