Tuesday, August 30, 2011

Published 11:09 AM by with 0 comment

Oh Lebaran...

Pengumuman pemerintah tadi malem : lebaran tanggal 31 Agustus. Padahal di kalender lebarannya tanggal 30 Agustus. Padahal yang ngeluarin kalender juga pemerintah, kan? Oh, Indonesia. Usul dari rakyat nih, lain kali kalo bikin kalender, tanggal lebarannya dikasih warna oren aja, jangan merah, trus ditulisin : (kalo nggak salah) Hari Raya Idul Fitri. Hahaha.

Tanggepan sodara-sodara di rumah : (celingak-celinguk di teras atas) Tuh udah ada yang takbiran. Kita lebaran tetep tanggal 30 aja deh.

Om ku malah ngedumel terus.

“Orang barat aja udah nginjek bulan, nancepin bendera di bulan, ngencingin bulan... orang Indonesia ngeliat bulan 1 Syawal aja nggak bisa! Bisanya cuma ngeyel-ngeyelan di TVRI.”

Akhirnya keluargaku yang sedang digalaukan sama tanggal lebaran ini terpecah jadi dua kubu, kubu 30 dan kubu 31. Om sama Eyang Kakung tetep keukeuh lebaran tanggal 31, sedangkan yang lain lebaran tanggal 30. Suka-suka deeh. Malahan waktu semuanya pada serius nonton siaran pengumuman pemerintah tentang tanggal lebaran di TV, Yang Ti sama aku nongkrong di dapur, siap-siap bikin nasi kuning buat besok.

“Pokoknya besok lebaran! Udah terlanjur dibikinin nasi kuning gini.” komentar Yang Ti seenaknya sendiri.

“Orang kunyitnya aja masih baru dikupas satu biji, apanya yang udah terlanjur bikin?-.-“ kataku dalam hati.

Dan besoknya, nasi kuning siap disantap beberapa menit setelah sholat Ied di masjid yang tadi malem takbiran.

Sementara yang puasa masih pulas tertidur, yang lebaran makan-makan di ruang makan. Adek-adek sepupu udah ribet pengen berkunjung ke rumah-rumah tetangga kayak tradisi biasanya. Tapi rumah tetangga aja masih pada tutupan semua, belum ada yang lebaran. Mereka pun kecewa. Untuk menghibur diri, mereka maen kartu sambil makan kue lebaran.

“Biarin aja kuenya habis, salah sendiri nggak buruan ke sini.” Gitu kata mereka.

Seenak udel nih bocah. Ya elu tuh yang buru-buru lebaran! Daripada mereka ngabis-ngabisin, trus tamunya cuma kebagian cerita aja, toples-toples kue yang dipajang di ruang tamu pun disegel rapet semua sampe besok. Aman deh! Heahaha.

Dan akibat rada nggak enak badan, aku akhirnya tidur sebelum nasi kuningnya mateng, trus bangun pas Mama nelpon.

Mama : Kamu jadi kapan ke Nganjuk?

Aku : Lebaran hari kedua, Mama.

Mama : Lebaran hari kedua itu besok apa lusa?

Aku : Eh iyaya, aku juga nggak tau. Mama aja deh yang kesini!

Mama : Lha gimana sih. Wong Mama udah stand by di sini. Kamu sih disuruh kesini kemaren nggak mau!

Aku : Tepar nih, Maaa... Badan remuk, idung mbeler, demam, pusing... Mama kesini aja, ada nasi kuning enak lhoo.

Mama : Orang masih puasa ditawarin nasi kuning -.-

Ah teserah deh mau lebaran kapan. Kan perbedaan itu indah. Hehehe.

Pokoknya, Chyntia mohon maap lahir batin yaa. Maap kalo selama ini ada kelakuan dan cerocosan yang ngasal, atau sering bikin sebel, kesel, mangkel, galau, dongkol, mencak-mencak (syukurlah nyadar juga anak ini). Bukan maksud hati demikian deh pokoknya. Oke jeh? Met lebaran yaa semuanyaa :D

Nih buat yang mau mampir ke rumah gue, ada kue-kue yang unyu-unyu di meja, tapi masih belum bisa dimakan, kan toplesnya masih segelan semua. Udah ngiler semua kan ngeliatnya? Haahahaha.


      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .