Monday, February 7, 2011

Published 12:45 AM by with 1 comment

Ketika Nilai Semester Pertama Keluar...

Jadi pengen ketawa plus nutupin wajah pake tangan kalo keinget waktu beberapa minggu yang lalu nilai-nilai semester 1 satu per satu muncul di transkrip online. Ketika teman-teman laen panik dan beberapa curhat sejenis ini di Facebook : “jadi nggak bisa liburan dengan tenang, nilainya nggak keluar-keluar” ; aku malah update status : “nggak minat liat nilai.. kalo nggak usah diliat aja gimana yaa? Atau nggak usah diumumin sekalian gitu..

*yang baca mbatin : Dasar orang aneh!

Yaa aku juga sempat penasaran sama nilai-nilai hasil perjuangan satu semester ini, tapi cuma beberapa hari aja. Itupun gara-gara kecipratan paniknya temenku. Lalu setelah sekitar seminggu dipermainkan oleh lemotnya nilai-nilai yang nggak menampakkan diri juga, akhirnya aku kembali ke mind set sebelumnya : “Bodo amat! Daripada ngeliatin anak-anak kemeriyek mencemaskan nilai di Facebook, mending pasang karakter emoticon onion head yang lucu-lucu itu.”

Terus terang, sebenernya AKU TAKUT BANGET ngeliat nilai. Ehem, serius ini. Aku takut pingsan begitu liat transkripnya muncul di depanku. (Lebai)

Setelah UAS, temen-temen banyak yang pulkam dan liburan kemana-mana, sedangkan aku… tetep ngampus ALMOST EVERYDAY untuk nyetempel sertifikat Olfar, nge-pack soal Olfar, rapat Panpus, rapat Farma Pos, kadang-kadang wara-wiri dekanat-kemahasiswaan-SC lantai 2-BRS (sok ngeksis ah). Terus dilanjutin kegiatan “mencerdaskan anak bangsa”. Jadi begitu nyampe rumah langsung tepar tak bertenaga.

Dan waktu temen-temenku nanya, “di kampus ada pengumuman apa?”

Aku jawab, “nggak ada pengumuman apa-apa tuh.”

“Lho katanya ada pengumuman tentang daftar ulang sama KRS-an?”

“Hah? Masa’ sih? Koq aku nggak denger ya?”

Waktu itu aku mikirnya yang namanya pengumuman itu diumumin lewat speaker kayak jaman SMA. Sama sekali nggak kepikiran buat liat papan pengumuman atau nanya ibu-ibu di Kemahasiswaan yang tiap hari ngobrol sambil ngeliatin aku nyetempel. Jelas aja nggak tau pengumuman apa-apa. Plis deh. Dasar Maba. Ckckck -.-

Nah, berhubung aku menyibukkan diri, nggak kayak orang laen yang jadi pengangguran selama liburan, pikiranku terbagi kesana-kemari.

Ketika akhirnya weekend tiba dan aku bisa menikmati liburan, satu mata kuliah menampakkan nilainya di transkrip online. Jeng jeng jeeeng…

Temen-temenku langsung dengan sigap login akun mereka. Dengan penuh gejolak mereka menatap nilai mata kuliah Agama Islam – 2 SKS lalu mengekspresikan dirinya. Sedangkan aku, begitu dikasih tau ada nilai keluar malah deg deg deg deg nggak karuan dan sama sekali nggak ada keinginan untuk ngeliat.

Lalu mulai mensugesti diri sendiri, “ayoo hemat pulsa modem, nggak usah online kalo nggak penting.

Oke, nilai yang keluar nggak penting. Nggak usah diliat.

Sebagai gantinya, aku malah liat-liat ideas notes yang biasanya tergeletak di meja computer… selembar demi selembar dan menemukan list impian :

“IPK Semester I : 3,79”

Oh damn! Aku nggak inget pernah menargetkan IPK segala. Haduduh, kalo nggak kesampean gimana dooonk. Huaaaa… bisa nangis darah aku.

Selang beberapa hari, nilai Matematika Statistika keluar.

Perlakuanku kepadanya sama seperti perlakuanku pada matkul Agama Islam. Menunda… menunda… menunda… sampai lupa.

Tapi mau sampe kapan kamu bersikap konyol kayak gini?

Apalagi ini matkul yang ada jadwal Ujian Perbaikannya, alias UP. (sebenernya waktu itu aku juga masih nggak paham tentang UP. Hehe).

Maka perlahan aku meneguhkan hati untuk melihat transkrip online. Setelah berdoa, ngaji, merenung, nggak doyan makan, akhirnya aku merasa siap untuk melihat nilai (buset, mau liat nilai aja sampe segitunya). Aku rencanakan akan terlaksana malam itu, setelah semua orang di rumah tidur. Biar kalo aku harus nangis gulung-gulung gara-gara nilai pun nggak akan ada yang tau.

Ternyata eh ternyata, Tuhan berkata lain. Siang itu seorang temenku minta NIM ku. Langsung aku kasih tanpa pikir panjang. 10 detik kemudian baru nyadar, “Bego! Ngapaen aku ngasih NIM ku ke dia. Itu kan username buat login akun transkrip!

90 detik kemudian, ketika aku masih merutuki nasib NIM ku, dia sms.

Weee… guayaa… Matstatnya dapet A… hahaha…

Apaa?! Aku lupa bernapas selama beberapa detik.

Aku nangis beneran – tapi nggak nangis darah.

Kata Alhamdulillah menyerbu otak berkali-kali seiring detak jantung yang kembali normal. Rasanya legaaaaaaaa nggak keruan. (maap, lebai banget)

Aku pun sadar, Allah membayar harga perjuanganku saat itu juga. Allah tidak menunda-nunda dalam memberikan ganjaran untuk hamba-Nya ini. Ia tidak membiarkan aku menunggu lagi hingga larut malam untuk mengetahuinya :’)

Subhanallah. Maha suci Engkau, Ya Rabb.

Setelah itu, aku nggak ketar-ketir lagi kalo liat nilai. Hehehe. Suer, ngerasa payah dan bego banget sebenernya. Liat nilai aja nggak berani??!! Plis yaa -.-

Sekarang kita liat, apakah 3,79 itu akan benar-benar terjadi? Jeng jeng jeeeng…

Eh eh, harus dibales dulu sms yang tadi...

"Alhamdulillah :') bearti UP apa nggak?"

*dia menahan geram.
      edit

1 comment:

  1. hahaha....
    mantap cyn ^_^
    i love this song too....
    blog mu lo keren...
    ajari ya :p

    ReplyDelete

yuuk komen yuuk . . .