Monday, February 14, 2011

Published 11:02 AM by with 0 comment

Nyasar (Lagi) Namun Tak Menyerah

Kalo ditanyain pernah jalan-jalan kemana aja selama tinggal di Surabaya… wah, kemana-mana. *songong* Secara yaa, aku udah tinggal di kota ini sejak brojol dan cuma bermigrasi ke luar kota waktu SD aja selama beberapa taun. Trus waktu SMP balik lagi sampe sekarang. Makanya daerah operasi utama dan markas besarku di Surabaya. Semua misi yang dijalankan bersama pasukan huru-hara pun nggak jauh-jauh dari kota Pahlawan ini. *preman abis gayanya* Makanya jangan kaget kalo kamu maen ke Surabaya dan nanya-nanya abang becak di pinggir jalan,

“Pak pak, kenal yang namanya Chyntia nggak?”

“Oh, Chyntia yang suka mangkal di perempatan depan itu ya?”

Eh nggak nggak. Hasyem, emangnya gue bencong, mangkalnya di perempatan? -.-“

Kalo ditanyain pernah berpetualang kemana aja sama kru mbolang SMA? Wah, kemana-mana. Dari Samudra Atlantik sampe Pegunungan Himalaya lewat jalan tol udah pernaaaahh. Heahaha. *setres nih orang*.

Tapi kalo ditanyain pernah nyasar kemana aja? Wah… KEMANA-MANA! Hehehe *nyengir kecut* Suer, nggak bohong, nggak rendah hati nih. Kalo diliat sekilas dari notes dan curhatan di diary, kayaknya jarang banget aku pergi kemana-mana tanpa nyasar terlebih dahulu sebelum mencapai tempat tujuan, entah itu pergi sendiri atau sama temen-temen.

Misalnya waktu dulu aku sama Devi pergi ke rumah Windy di daerah Sidoarjo. Sebelumnya kita udah beberapa kali ke sana sama temen-temen laennya. Rute ke rumahnya pun nggak mbulet dan nggak terpencil. Secara logika, harusnya kita nggak perlu nyasar.

“Pokoknya yaa dari patung kuda kita luruuus aja.” Kata Devi.

“Emang patung kudanya dimana?” tanyaku.

“Nah itu dia, aku juga lupa.” Kata Devi sambil nyengir kuda.

Aku nelen ludah. Dalam situasi seperti ini, kemungkinan nyasar sebesar 80%. Yang bisa dilakukan hanyalah berharap semoga patung kuda itu segera muncul dan nyengir kayak Devi tak lama kemudian.

Pikirkan alternatif petunjuk lain.

“Selain patung kuda apa lagi petunjuknya?”

“Hmm… kalo nggak salah ada orang jualan manisan mangga juga.” Jawabnya dengan tampang orang mikir kalkulus.

“Di mananya?”

“Di deketnya patung kuda!”

Gubrak!

“Yee masih mending aku inget dikit-dikit,”katanya, “daripada kamu nggak inget sama sekali!”

“Aku inget koq. Rumahnya yang ada pohon palemnya, kan?”

Devi ngamuk-ngamuk.

Kemungkinan nyasar : 99%.

Akhirnya, kita mencapai rumahnya Windy setelah muter-muter perumahannya (untuk nyari patung kuda dan orang jualan manisan) dalam kurun waktu yang amat berlebihan.

Pernah juga waktu kelas 1 SMA, aku ngurusin proposal acara perpisahan kelas sama Doni,
Kurput dan Ben. Kita ngerevisi proposal di rumahku setelah proposal awal ditolak mentah-mentah sama pak Wakasek. Setelah revisi, aku ngusulin langsung ke rumah wali kelas untuk minta tanda tangan. Kebetulan rumahnya wali kelas nggak seberapa jauh dari rumahku.

Berangkat deh kita kesana, aku penunjuk jalannya.

“Lurus terus… pertigaan depan belok kanan ya, Don.” Kataku.

Doni nurut. Setirnya dibelokin ke kanan. Lhoh, koq tembusnya ke jalan raya? Rumahnya kan di dalem gang. Harusnya belok kanan dari jalan tadi udah bisa nyampe.

“Belok kiri, Don.” Kataku lagi.

Masuk gang lagi.

“Belok kanan!”

Jalan raya lagi.

“Heh, yang bener!!!” teriak Ben yang ngikutin di belakang.

Sampai akhirnya aku nemu “belok kanan” yang tepat. Dan begitu nyampe di rumahnya, ibu wali kelas ternyata belum pulang.

Kita pun balik ke sekolah dengan muka loyo. Udah jalannya belok-belok kayak labirin (padahal aslinya enggak), nggak dapet tanda tangan proposal pula.

Belum lagi nyasar waktu ke TP sama mbak Karla dengan nyetir motor sendiri pertama kali; nyasar waktu nyari jalan dari TP ke kampus sama Leha, dan kita akhirnya selamat dengan ngikutin orang-orang yang lewat gang kecil yang ternyata daerah Kranggan; nyasar waktu ke ITS sendirian; nyasar waktu ke Kampus C… dan nyasar-nyasar laennya.

Yang terbaru adalah waktu aku pergi ke House of Sampoerna dengan Leha. Sebelumnya aku udah berkali-kali ke HOS sama temen-temen SMA, tapi nggak pernah nyetir sendiri. Leha yang aslinya dari Banten, belum pernah sama sekali ke sana. Dia mengandalkan aku yang asli Surabaya.

Hemm, udah bisa dipastikan aku bakal nyasar, kan? Makanya aku bilang dulu ke Leha, “ntar kalo nyasar nggak apa-apa yaa?”

“Nggak apa-apa, gue seneng koq kalo nyasar.” Katanya.

Baguuuss deh. Aku dapet partner yang malah bahagia kalo nyasar.

Tapi gimanapun aku bertekad untuk tidak nyasar. Bisa ketinggalan SHT kalo nyasar. Pagi sebelum berangkat, aku nyari-nyari peta wisata yang aku dapet waktu naek SHT sama Lidya dulu. Nggak ada. Ternyata udah aku kasiin ke temen. Trus aku googling, nemu panduan driving turis asing.

“…turn right on the intersect to Jalan Blauran, then go ahead until the next intersect, bla bla bla. You’ll see Hero Monument on your right side hand, bla bla bla”

(kayaknya baru kali ini ada orang Surabaya baca panduan driving turis untuk pergi ke tempat wisata di Surabaya -.-)

Endingnya, “then follow the sign to House of Sampoerna.” Agak meragukan. Seingetku nggak ada palang atau tanda apapun yang menunjukkan arah ke sana deh.
Dengan berbekal sebongkah kenekatan anak muda, sebungkus oreo strawberry cream dan sebotol air mineral (barangkali kelaperan di jalan), berangkatlah kita.

Jalan Blauran, Tugu Pahlawan on your right side hand telah ditemukan. Sekarang sampai pada bagian yang meragukan, the sign to House of Sampoerna. Celingak-celinguk, beneran nggak ada tuh tanda-tanda yang menunjukkan arah ke HOS.

Episode nyasar pun dimulai. Kita nyoba-nyoba setiap belokan. Kalo udah merasa nyasar, kita balik lagi ke perempatan sebelumnya.

Jangan-jangan setelah kalimat yang aku kirain ending tadi ada lanjutannya “then you’ll lost!”

Hah? Panduan drivingnya bohong bearti? Nggak laah -.-

Kalo gini, kapan bisa nyampek HOS?

Kita tungguin aja bus SHT-nya Sampoerna lewat, trus kita ikutin dia, pikirku.

Iya kalo pas rutenya lewat jalan ini. Kalo enggak? Lagian bus itu berangkat jam 1 dan balik ke pangkalan jam 2. Nah sekarang masih jam 11. Nggak masuk akal kalo nungguin bus merah itu.

Atau kita naek ke top proof Pasar Atom, kita cari HOS dari sana, kita lemparin tali dengan gaya koboi ke pilarnya HOS. Trus kita bisa ngikutin tali itu. Ah, terlalu sulit. Kalo talinya nyangkut di leher orang bisa berabe.

Atau kita pura-pura sekarat di tengah jalan, biar orang-orang pada nolongin dan menawarkan untuk ngebawa kita ke rumah sakit, tapi kita bilang dengan lemes,

“Bawa kami ke House of Sampoerna aja, Pak. Uhuk uhuk.”

(syukurlah kita nggak bener-bener melakukan hal gila itu)

Well, tukang nyasar professional akan melakukan hal-hal yang lebih masuk akal. Kita pun memutuskan untuk melakukan sesuatu yang biasa dilakukan orang nyasar pada umumnya : BERTANYA. Seperti peribahasa yang sering diartikan secara denotasi oleh orang-orang nyasar, “malu bertanya, sesat di jalan”

Dan musti aku yang nanya. Leha kan nggak ngerti Bahasa Jawa, aku nggak tega liat dia frustasi nggak ngerti. Hehehe.

“Kalo nggak nemu tempatnya, kita berenti di pedestrian aja nggak apa-apa koq, Cin, terus kita foto-foto di sana.” Kata Leha.

“Nggak nggak. Harus nemu pokoknya! Senyasar-nyasarnya, kita sebenernya nggak jauh-jauh dari tempatnya koq.” Aku berkeras. Toh, selama ini meski aku nyasar, aku pasti nyampe ke tempat tujuan tuh.

Setelah beberapa kali bertapa, eh bertanya, kita nyampe juga ke HOS.

Dan aku seneng banget akhirnya boleh masuk ke museum dan ngeliat orang-orang ngelinting rokok secara langsung. Begitu petugas di pintu masuk nanyain id card kayak biasanya, dengan bangga aku tunjukin KTP kayak agen FBI nunjukin tanda pengenalnya. Hahaha.

Lalu si petugas bilang terima kasih dengan ramah. Tapi sebenernya dia dongkol, nggak bisa ngusir aku kayak sebelum-sebelumnya. Maap ye, aku udah 17 taun sekarang. Hahaha.

Aku tersenyum songong.

Rasanya perjuangan mencapai tempat itu terbayar sudah, sama seperti sebelum-sebelumnya.

Begitulah, readers, kisah penulis yang suka nyasar ini. Bersyukurlah Anda yang bisa menghapalkan jalan dan mencapai tempat yang Anda tuju dengan mudah. Tapi untuk Anda yang bernasib sama seperti saya pun harus tetap besyukur. Nyasar itu anugerah. Dengan nyasar itulah kita sering mendapat pengalaman baru dan rute baru (walaupun lebih tidak efektif). :p

Pernah sih terpikir pake bantuan mobile streaming, google maps atau google earth, tapi nggak bakal guna dan terlalu modern (tiba-tiba ngerasa berasal dari jaman purba). Aku nggak bisa baca peta, kecuali petanya kayak punya Dora yang bisa nyanyi-nyanyi itu mungkin yaa. Hahaha.

Di museum House of Sampoerna, sedang merayakan keberhasilan. :p
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .