Monday, March 21, 2011

Published 10:41 PM by with 1 comment

Semester 2 - Be New, Be Better :)

Halo, Chyntia, apa kabar? Gimana semester 2 Anda di fakultas yang Anda cintai itu? Apakah ia baik pada Anda? *bertanya pada diri sendiri*

Pada hari pertama Semester 2, aku benar-benar melaksanakan niat : berjalan memasuki kampus dengan senyum lebar, mengucapkan salam pada teman-temanku dan berbagi keceriaan dengan mereka. Walaupun Senin itu kuliah pertama baru dimulai jam 9 pagi, aku dan Anny dateng jam 7 pagi dengan kepentingan ngurusin jadwal di krs-ku yang ‘melengse’ dan membagikan alat praktikum ke temen-temen. Yap, aku dan teman-teman se-doswal melakukan kesalahan massal akibat contekan ngisi krs (payah hzzzz -.-).Dan yap juga, aku dan Anny jadi pemasok alat-alat praktikum Kimia Analisis dan Botani Farmasi. Jadi, pagi-pagi kita nongkrong di pintu timur untuk ngatur sedemikian rupa logistik-pecah-belah tersebut.

And the-very-usual days has been started again… o owh, it’s more than semester I. And I don’t know why I’m so nervous, my heart beats faster as I’m a new student and that’s my-really-first day in campus. *PLAK* Hey, sadar! Lu udah mahasiswa semester 2! Udah menclok di sini selama 6 bulan, merasakan keras-lunaknya kehidupan di tempat ini dan sekarang lu nggak punya hak untuk deg-degan lagi.

Sebenernya aku sangat sangat bahagia bisa ketemu sama temen-temenku setelah sekian lama kita terpisahkan oleh liburan yang membentang (uwooo…), tapi kalo ketemu sama dosen dan laboran… gimana yaa *tahan napas, ngabayangin zat pereaksi tiba-tiba meledak dan bentakan dosen yang bikin salting*

Jadwal pertama kelas C adalah praktikum Botani Farmasi I, tapi ternyata nggak ada praktikum hari itu. Acara pun diganti dengan temu kangen temen-temen sekelas di tangga lab Botani Farmasi. Fiuuhh… Allah tau aku belum sepenuhnya ikhlas meninggalkan liburan dan masih ketar-ketir sama semester 2. Makanya, Ia memberikan dispensasi, biar deg-deganku di hari pertama itu ilang dulu.

Okay, kembali saya tegaskan pada diri sendiri, “Aku bisa, pasti bisa! Innallaha ma’ana”

Aku pun sadar, ada beberapa hal yang harus diubah biar aku lebih siap sedia setiap saat seperti deodorant dalam menjalani semester dua yang duasyat ini.

Yeah, aku harus berubah dan aku ingin berubah. Aku butuh perubahan untuk menjadi lebih baik. Apa-apa yang sedang ingin saya rubah (eh, aku manusia lho, bukan rubah)…

Satu : NIAT.

Aku sudah sepakat dengan diriku, aku mau MENUNTUT ILMU SEBANYAK-BANYAKNYA, menjadi orang seintelek-inteleknya, menggali informasi tentang bidangku sedalam-dalamnya, bukan MENGEJAR NILAI A ples ples dan terobsesi dengan IPK perfect. Lillahi ta’ala.

Yah, memang ada keinginan untuk memperbaiki IPK, tapi tidak dengan cara lama seperti menyusun strategi contekan pas ujian, bikin rangkuman portable di dalem tempat pensil, mencemaskan ujian yang tinggal sehari dan lain sebagainya (pengakuan publik nih, hehe)… Yaah, pokoknya yang penting ilmunya dulu deh. :)

Dua : BAGI WAKTU.


Aku melepaskan kerja part time-ku sebagai ‘orang yang mencerdaskan anak bangsa’, nggak mengikuti jejak Rizal yang part time job-nya makin banyak, say no to tawaran ngelesin bocah selama semester 2 ini… demi apa? demi waktu yang bergulir di sampingkuuu, maafkanlah dirikuuu (lhoh, malah nyanyi), tapi beneran, demi waktu… demi waktu belajar, ngerjain tugas dan organisasi yang lebih banyak.

Aku punya 24 jam sehari. Aku akan menggunakannya se-optimal mungkin, dengan indikator keberhasilan : semua kerjaan beres dan on time, waktu tidur cukup, maag nggak kambuh dan masih ada waktu luang untuk hang out dan nonton Doraemon. Pasti bisa, kan?

Aku pun ganti profesi dari tentor menjadi ENTERPRENEUR. Aksi pertamaku di semester dua ini adalah memasok alat-alat praktikum ke temen-temen sekelas. Partnerku kali ini adalah Anny, terus Iin ikutan jualan sarung tangan. Dan yang namanya mahasiswa, persaingan bisnis susah dihentikan. Di kelas laen juga banyak yang jualan, tapi aku dan Anny tetep maju tak gentar donk. Hahaha. Alhamdulillah, aksi kita dalam berbisnis kali ini lumayan menghasilkan. Terus habis itu, Rizal ikutan bisnis juga, jualan buku Vogel Kimia Analisis dan ISO, tapi tetep nggak melepaskan kerja part time-nya. Ternyata dia lebih gigih daripada aku. Ckckck.

Dan sehubungan dengan bisnis baru ini, aku jadi ngelupain bisnis slayer, rok dan kerudung yang dulu. Sebenernya itu bisnisannya si Elli sih, aku tinggal terima komisi kalo bisa ngejualin. Sori yaa, bro, aku lagi seru-serunya bisnis baru nih. Ntar kalo udah nggak ada bisnisan lagi, aku jual slayer lagi deh. xp

Tiga : SIKAP DAN SIFAT

Udah semester dua, meen… Udah nggak jamannya lagi cari cara untuk menghindari mata kuliah yang nggak disukai. Udah nggak jamannya lagi cari-cari alesan yang enggak-enggak untuk hal-hal yang enggak-enggak. Mulai bertanggung jawab pada diri sendiri lah pokoknya.

Apalagi yaa..

Hemm, mata udah kriyep-kriyep minta ditutup nih, padahal masih jam 11. Ini gara-gara tadi kuliah Kimia Fisik sampe jam setengah 6 dan kemaren malem tidur cuma 3 jam sebelum Subuh. Makanya sekarang waktunya tepar. -.-

Oke, kapan-kapan lagi deh diterusin… tapi nggak tau kapan. Susah ngeluangin waktunya. T.T

Well, have a wonderful semester 2, Chyntia. Cheer up, Chyntia! Cheer up everybody!
      edit

1 comment:

yuuk komen yuuk . . .