Wednesday, March 2, 2011

Published 7:36 PM by with 0 comment

Aku dan Selekda Olfar 2011 di Kediri

*kali ini saya menulis tentang suatu event dengan gaya bahasa saya sendiri, dalam subjektifitas saya sendiri dan untuk blog saya sendiri, bukan untuk rubrik ‘event’. Hehe.*

20 Februari 2011. Pagi-pagi sekali, ketika jejak matahari yang terlihat hanya guratan-guratan jingga di langit biru muda tak berawan, saya berangkat dari rumah saya di Nganjuk menuju ke SMA Negeri 1 Kediri. Jauh sih emang, tapi nggak apa-apa lah demi Olimpiade Farmasi. Hehe. Dengan mata masih mengerjap-ngerjap menahan kantuk dan hati dongkol karena harus bangun pagi, saya masuk juga ke mobil dan berangkat diantar Mama dan Om saya.

Ya, sebagai anggota Panitia Pusat, aku dideportasi ke Kediri untuk bantuin panitia daerah setempat. Awalnya aku merencanakan untuk nginep di rumah temen atau sodara di Kediri malam sebelumnya, tapi berhubung rumah di Nganjuk ternyata sedang kekurangan penghuni (adekku lagi ada latihan Paskibra di luar kota dan nginep), akhirnya aku memutuskan untuk nemenin Mama aja di rumah – dan ngeberantakin kamar adek sepuasnya. Huahahaha.

*Mikir-mikir, enaknya pake saya atau aku atau gue?*

Beberapa hari sebelumnya aku sempet cakar-cakar bantal karena nggak dapet kabar apa-apa dari panitia daerah, padahal panitia daerah laennya udah briefing. Jangan-jangan nggak jadi ditugasin di Kediri nih gue. Ya udah, malah seneng bisa liburan. Hahaha. Tapi akhirnya aku nanya-nanya Novi, temen yang anggota Panda Kediri, dan dia ngasih tau tentang tugasku di selekda.

“Cin, tugasmu jaga ruangan sama koreksi jawaban ya. Besok dateng jam 6, ada briefing pengawas ruang.”

Okee deh, jaga ruang. Nggak sekalian aja jaga kuburan? Hehe.

Coba si Novi bilangnya gini,

“Cin, kamu nggak dapet tugas apa-apa koq. Jadi kamu liburan aja, nggak usah ikutan selekda.”

Bersorak bahagia mungkin ya aku. Hahaha.

Tapi nggak ding, enakan ikut selekda deh pokoknya. :p

Esoknya, dengan setengah berlari melewati meja absensi, aku memakai jaket almamater. Mbak-mbak di meja absensi langsung nunjukin arah base camp. Palingan mbak itu bingung, ini anak siapa tiba-tiba muncul di sini? Terus jaket almamater punya siapa itu yang dipinjem? Hihi.

Tapi masih untung nggak ditanyain, "Dek, registrasi dulu ya... Bawa bukti pembayaran uang pendaftarannya nggak?"

Hahaha.

Begitu dikasih amplop gede berisikan soal dan nanya banyaaaaakk hal ke mbak-mbak yang menempatkan aku di ruang 7 (habisnya briefingnya rada nggak jelas sih, atau akunya yang nggak mudeng. Hehe), aku siap berangkat ke ruangan bareng temen-temen lainnya.

Sewaktu nungguin Kiki dan Okky siap-siap, aku sempet merenung memandangi lembar absen di atas amplop yang aku pegang. Soal udah, lembar absen peserta udah, notes udah, id card udah. Aku mengerjap-ngerjap lagi (antara masih ngantuk dan mikir). Apa ya yang kurang?

Lho yaa, lupa nggak bawa pulpen! Mau ngisi berita acara pake apa ntar? *pegang jidat* Dan parahnya, temen-temen panitia pada bawa pulpen satu-satu semua, nggak ada yang lebih. Beh, pulpen di sini harganya mahal kali ya, ngalah-ngalahin cabe, makanya mereka cuma punya sebiji-sebiji.

“Cari aja di kolong-kolong, biasanya ada.” usul Kiki. Bener juga. Aku mulai menyidak kolong-kolong meja di ruang kelas yang dijadiin base camp. Satu-satunya pulpen yang bisa ditemukan kondisinya cuil di sana-sini, tapi lumayan masih bisa dipake. Wah, murid-murid penghuni kelas ini nggak kayak penghuni kelasku waktu SMA dulu ternyata. Aku dulu sih kalo pulpen ilang, langsung melongok di kolong meja bentar pasti nemu yang lain. Beneran deh kayaknya, pulpen di sini harganya mahal, nggak ada yang tega nyia-nyiain. Ckckck.

Nah sampe di ruang 7, aku membuka pintunya kuat-kuat. Harus kuat-kuat, karena pintunya seret, besar dan berat, nggak sinkron sama ukuran badanku. Tangan yang bisa diberdayakan tinggal satu pula (yang satunya pegang amplop soal). Aku sampe terengah-engah habis buka sebelah daun pintu. Lalu dilanjutkan buka yang satu lagi. Hgggghh… nggak bisa. Terengah-engah lagi. Ya udahlah, biarin, daripada aku pingsan ntar.

Setelah sok mengecek ruangan (dan akhirnya nemu pulpen yang berkualitas), aku duduk-duduk di luar. Ruang-ruang di sebelahku ternyata juga dijaga sama non-panda. Mereka juga sama-sama berada di luar ruangan, celingak-celinguk nunggu ada yang lewat dan ngasih tau kapan dimulainya tes, persis kayak kuda nunggu aba-aba lari dari koboi.

Tiba-tiba ada peserta yang ngajak aku ngobrol dengan logat bahasa daerah kental dan agak terlalu bersemangat yang bikin kupingku gatel.

Peserta : Mbak, ki mulaine jam piro te? (tauk ah, nggak bisa nulisnya. Pokoknya aku ngerti dia nanyain jam berapa mulainya)

Aku : Jam delapan, dek. (pake bahasa Indonesia yang baik dan benar, bingung ngikutin logatnya dia)

Peserta : Tros bare jam piro? (artinya, terus selesenya jam berapa?)

Aku : Jam 1, jam 2 an lah kira-kira.

Peserta : Lheeh, kok suwimen to mbak? Tes e bar jam piro to sakjane? (sampai di sini aku agak lama mikir translatenya dan senyum-senyum nggak jelas di depan adeknya)

Aku : Ya soalnya nanti sama nunggu pengumuman yang lolos ke semifinal juga dek. Udah, ikutin aja. Seru koq acaranya nanti. Oke?

Peserta : (Pasang ekspresi merengut yang menyebalkan) Aku neng kene sampek jam 1 ngono? Yaaah…

Aku (mbatin) : Aseem, mbokkirakno sing nang kene cuma kon tok ta dek? Haaah? Gak usah kakean gaya kon. Hzzzz…

Peserta : Neg ngundang S***H (nama boyband baru di Indonesia) ngono aku seneng neng kene sampe jam 1. (terus dia nyerocos tentang boyband itu)

Aku : (keinget cercaan temen-temen tentang boyband itu di grup Facebook kapan hari dan ingin mewujudkannya di depan fansnya sekarang ini) Ehm… di sini deket pasar nggak, dek?

Peserta : Nggak ngerti, Mbak. Kenapa?

Aku : Aku mau nyari tomat busuk di pasar kalo semisal beneran ada S***H di sini. (sambil ngeloyor pergi dengan kuping hampir meleleh).

Suer, baru kali itu aku yang baik hati ini (hehe) bisa ngejutekin orang sampe segitunya. Akibat belum sarapan kali’ ya. Coba ada si Riky di sana, aku bisa ganti profesi jadi wasit perang mulut antara Riky dan anak itu. Sama-sama lebainya sih.

Tapi aku nggak berani cerita ke anak-anak panda waktu itu, takut bales dijutekin. Hahaha.

Sudah sudah. Stop talking about that thing.

Beberapa saat kemudian, seorang PJ lapangan ngasih tau kapan dibagiin soal dan kapan boleh mengerjakan soal. Lalu balik lagi setelah muter-muter ke seluruh ruangan untuk nyocokin jam. Kasian dia olahraga sendirian, sampe ngos-ngosan waktu ngomong.

Setelah mengedarkan daftar absen peserta, aku maen fb lewat hp, ngegosip di status fb sama Novi yang jaga di ruang 13. Sesekali ada panitia-panitia laen datang berkunjung untuk ngasih tau ralat atau konsumsi yang sisa harap dibawa ke base camp. Selebihnya, aku merutuki kesalahan bodoh yang aku buat di berita acara. Untung ternyata berita acara itu nggak guna. -.-

Ini komen terakhirnya Novi waktu aku nanya tentang kondisi ruangannya :

“Di sini sedang galau menunggu bel selesai tes… dan penuh asap.”

Hah? Penuh asap? Koq bisa? Apa jangan-jangan ada peserta yang bakar kertas soal saking frustasinya? Tragisnyaaa…

Pas di basecamp, dia baru bilang, “Iya, asapnya muncul dari kepala adek-adeknya gara-gara mikir jawaban soal yang susah itu!”

Ohh, gitu… Lebih tragis lagi ternyata. Sabar yaa dek, dunia memang kejam… (apasih -.-“)


wajah ngenes para peserta di depanku :p


Setelah tes berakhir, aku langsung ngoreksi di basecamp. Dijadwalkan koreksi selesai jam 1 siang, tapi ternyata kita berhasil nyelesein sebelum jam 11.

“Sssssssaaangaaarrr…” begitu komentar (atau desisan) pak koor begitu tau berita gembira itu.

Job saya selanjutnya adalah membantu apapun yang bisa saya bantu. Ngangkatin makanan ke aula, menghadang peserta yang mencoba kabur dari aula, bagiin makanan ke peserta, bagiin sertifikat, bersihin sampah di aula, ngabisin kue agar-agar dan lemper di basecamp (keburu basi kalo nggak dimakan :p), terus ngebalikin kursi ke kelas-kelas, dan ketawa ngakak ngeliat mas-masnya maen trolly-trollyan dan kereta-keretaan pake kursi yang dijajar memanjang kayak trolly di supermarket. Untung waktu itu udah sepi, nggak ada anak SMA yang ngeliat.

Waktu nganggur, basecamp serasa berubah jadi diskotik. Hahaha. Aku, Kiki dan Novi nyetel mp3 keras-keras dari laptop sambil nyanyi-nyanyi. Walaupun cuma apal reff nya aja, yang penting bisa pamer suara jeh. Sementara anak-anak laennya sibuk nonton video dance Korea, ngabisin konsumsi dan maen poker.

And then… aku pulang dalam kondisi sangat memprihatinkan – kumus-kumus, lemes dan ngantuk, tapi entah kenapa masih juga mau menyisakan tenaga untuk tersenyum puas dan bangga :’) (mulai deh dramatisnyaaa).

Dan melalui pengamatan sekilas, sepertinya saya juga melihat senyum puas yang sama di wajah temen-temen lain sewaktu evaluasi di akhir acara. Aura kelegaan dan sorakan batin karena telah menunaikan amanah pun terasa menggema di ruangan.

Yaah kira-kira begitulah kisah saya dalam Selekda Olfar di Kediri.

Dua hari kemudian, setelah efek remuk redam lumayan berkurang, saya segera kembali ke Surabaya untuk kembali bertugas sebagai Sie Kesekretariatan di Semifinal dan Final.

Congrats buat semua panitia Olfar 2011. Semua lelah dan perjuangan kalian telah terbayar lunas dengan acara-acara puncak yang bisa dikategorikan sukses, baik di daerah maupun di pusat.

Yes, we got it… Ite inflammate Scientia!
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .