Wednesday, March 2, 2011

Published 8:03 PM by with 0 comment

Dulu Peserta, Sekarang Panitia


Pertama kalinya aku melangkah memasuki gedung Fakultas Farmasi bukan ketika aku menjadi mahasiswa baru dengan seragam putih-putih kayak petugas upacara, tapi ketika aku jadi peserta Olimpiade Farmasi 2009. Dan waktu itu masih tak terbayangkan kalo aku bakalan jadi panitia acara nasional itu dua tahun kemudian.

Kartu Pesertaku, sudah lecek yaa..

Waktu bertugas di meja registrasi semifinal dan final Olfar 2011 kemaren, aku sempet mengamati wajah anak-anak SMA yang berkeliaran di sekitar. Pagi-pagi mereka udah kruyuk-kruyuk di sekitarku. Walaupun mereka pinter-pinter, atau bahkan jenius, rata-rata ekspresi mereka masih kayak anak-anak SMA pada umumnya, cengengesan. Para semifinalis yang datang dari 18 kota ini kebanyakan nginep di asrama kampus C, jadi mereka nyampek Farmasi rame-rame dan langsung maen keroyok di meja registrasi.

Dulu aku nggak seberuntung mereka. Jangankan sampe di babak semifinal, pas selekda aja udah koit dengan skor minus banyak. Dua rekanku, Pitung dan Putri frustasi dan bawaannya pengen ngumpat sepenuh hati begitu ngeliat nomor tim kita ada di lembar paling bawah di papan pengumuman, sedangkan aku buru-buru ngumpetin kartu peserta di dasar tas, takut ada yang tau kalo tim yang skornya hina itu adalah kita. Harga diri euy. Hahaha.

Ketika aku berperan sebagai panitia, sebenernya aku rada iri sama anak-anak jenius itu. Makan apa sih mereka koq bisa sangar gitu? Apalagi waktu di babak final. Aku, Ulya, Faisal dan beberapa temen laen yang ngintip di pintu berdecak kagum ngeliat mereka balapan mencet bel dan ngejawab pertanyaan dengan benar. Padahal kita aja kadang nggak paham sama pertanyaannya, sekalipun bisa nebak, jawaban kita ngasal banget… (eh, jangan terlalu jujur donk):p

Oh iya, aku mendadak inget beberapa kegokilan yang terjadi selama semifinal-final.

Misalnya, pagi-pagi pas semifinal, ada peserta yang ngadu kalo cardigannya ilang. Waktu mas-mas panitia nanyain ciri-cirinya, dia jawabnya lengkap banget, “warnanya abu-abu, sizenya M, merknya Sophie Martin”.

Haah? Merk? Emang merknya segede apa sih?

Rasanya keluar keringet segede jagung di belakang kepalaku (kayak di kartun-kartun gitu deeh).

Ada juga kehebohan yang disebabkan mbak-mbak KSK yang dapet kecengan baru yang mirip Raditya Dika. Ngecenginnya niat bangeeet,sampe disearch namanya di Facebook dan fotonya di sertifikat peserta diembat. Mereka sempet mikir kalo dia adeknya Raditya Dika beneran. Tapi kan adeknya Dika yang cowok cuma satu yaa, yang namanya Edgar. Dan untungnya brondong SMA dari Jakarta yang jadi korban kecengan bersama itu namanya bukan Edgar.

Sementara itu, aku dan Ulya, sebagai adek-adek KSK, juga nggak mau kalah. Kita dapet kecengan anak Bandung. Tapi sebenernya kita nggak ngecengin orangnya sih. Malah ngecengin seragamnya yang keren dan bikin iri itu. Yang cewek seragamnya kaos putih, dilapisi cardigan merah, rok merah kotak-kotak, sedangkan yang cowok seragamnya kaos merah berkerah polosan (cuma ada lambang sekolahnya kecil di dada, bendera Indonesia dan bendera Turki di punggungnya) dan celana item. Huwoo, kenapa seragam gue waktu SMA dulu nggak dibikin keren gitu sih? *.*

Dan kita ketawa ngakak nggak abis-abis waktu ngeliat foto gokil dua orang peserta. Yang satu cewek, kalo nggak salah dari Malang, fotonya narsis, pake helm dan anglenya dari samping. Keliatan banget diedit pake photoscape. Yang satunya lagi cowok, dari Blitar. Fotonya kayak fotomodel, nggak nguati banget pokoknya. Dua foto itu kita ketawain selama dua hari, dan ternyata cowok yang fotonya aduhai itu lolos ke babak final dan berhasil mencapai posisi runner-up. Wah wah, bawa hoki ternyata yaa. Hahaha.

Belom lagi ngakak waktu liat mbak-mbak panitia itu joget-joget ala Smash pas di basecamp, nge-rap, dan apalah segala macem.

Babak final diakhiri dengan pengumuman juara. Nggak tau kenapa, aku ikutan terharu waktu juara I nya diumumin. Padahal bukan aku yang menang. Mungkin karena aku ngeliat orang lain berhasil meraih impian yang nggak bisa aku raih yaa. Hiks. (Lhoh, koq jadi sedih?)

Semua berakhir setelah evaluasi setelah Final sampe jam 8 malem. Aku notulennya, dan berhasil bikin resume yang nggak kalah rapi kayak laporan Fisika. Penting nggak sih. Hehehe.

Dan ketika aku pulang setelah evaluasi Final, jalanan rame banget sama anak-anak muda (eh, aku juga masih muda kali’ yaa -.-). Ya Tuhan, ini satnite. Dan aku menghabiskannya di kampus, lalu melintasi jalanan dengan masih pake jaket almamater. Keliatan aneh dan kontras mungkin yaa. Tapi so what gitu lhooh. Itu lebih berarti daripada satnite yang dihabiskan untuk berhura-hura. Hwehehehe.

Taraaa... id card panitiaku :3
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .