Friday, March 18, 2011

Published 11:34 PM by with 0 comment

YANG PERTAMA, YANG DIINGAT

PRAKTIKUM BOTANI FARMASI I

Latihan I : Mengamati preparat sayatan melintang dan membujur gabus kulit batang Quercus suber (Fagaceae) dan sayatan melintang endokarpium Cocos nucifera (Arecaceae)

Aku (lagi-lagi) kebagian meja praktikum di depan, sebelahan sama Dita. Sebenernya udah nggak terlalu buntu sama praktikum ini, soalnya malemnya udah puas melototin diktat petunjuk praktikum, tapi dagdigdugnya masih berasaaa banget. Aku sendiri juga heran, puluhan kali pengalaman berkutat di lab ternyata nggak bisa meredam detak jantungku yang kelewat kenceng ini.

Di 5 menit awal praktikum, setelah penjelasan teknis cara pake mikroskop, aku ngintipin preparat jadi dan langsung nemu gambarnya, nuansa warnanya pink.

Bu Mangestuti : Kalau sudah ketemu, bisa langsung digambar. Pake hati nggambarnya, biar bagus!

Aku : (nyeletuk dalam hati : wah, hati saya lagi patah nih, Bu. Saya nggak tega ngerautnya. Pake pensil 2B aja yaa, Bu..)

Bu Mangestuti : (ikutan ngintip di mikroskopku) kurang fokus ini, ayo diputer-puter tombol mikronya biar fokus.

Aku : iyaa, Bu (muter-muter tombol mikro, tapi malah burem gambarnya)
30 menit berjalan. Sekarang waktunya ngamatin tempurung kelapa (endokarpium), tapi preparatnya bikin sendiri, bukan preparat jadi.

Dan aku beruntung.

Bu Mangestuti : (ngintip di mikroskopku) wah, buuaguus ini gambarnya. Ayo semua lihat di sini. (manggil mahasiswa lainnya) Selnya masih muda yang ini, noktahnya ada yang belum tertutup sempurna. Lengkap banget.

Temen-temen laen langsung ngefans sama preparatku. Hahaha.

Pas ngumpulin gambar ke Bu Mangestuti, harus ngantri dulu. Gambarku diliatin Dani.

Dani : Koq apik?

Aku : Kan nggambarnya pake hati. Hehehe.

Dani : (ketawa cekikikan yang ditahan-tahan)

Nah, tiba giliranku ngumpulin.

Bu Mangestuti : Bagus… bagus… Gambarnya siapa ini?

Aku : Gambar hati saya, eh, gambar saya, Bu.

Bu Mangestuti : Bagus… Pinter nggambar… (menandatangani kertas gambarku)

Aku : (mbatin : Alhamdulillah, Ya Allah. Akhirnya ada juga yang bilang gambarku bagus.
Seorang Bu Mangestuti pula yang bilang. Guru Kesenian pas sekolah aja nggak pernah komentar gitu ke aku)

Hatiku langsung berbunga-bunga dan nggak jadi patah. Hahahahaha.

Rasanya pengen nunjukin gambar itu ke Dimas, orang yang dulu suka ngehina-hina gambarku.
*langsung sombong*

KIMIA FISIK

Kuliahnya jam 1 siang di RK 3.2. Waktu itu aku sama Iin datengnya on time, jam 1 tet, beberapa menit sebelum dosennya masuk. Begitu buka pintu ruangan…

Aku : Lhoh, nggak salah ta, In? (shock liat kelas udah penuh sama kakak angkatan 2008)

Iin : Bener koq, itu lho ada anak-anak kelas kita.

Maka dengan wajah takjub kita berdua masuk ruangan. Celingak-celinguk nyari kursi kosong dan nyari makhluk-makhluk 2010 yang keselip di antara puluhan anak-anak 2008 yang badannya gede-gede.

Aku : Jadi berasa kita ikutan kuliahnya angkatan 2008 ya, bukan angkatan 2008 yang ikut kita.

Aku, Iin dan anak-anak laen yang tadinya bangga dateng on time (karena biasanya telat, hehe) jadi dongkol setengah mati. Terutama aku. Udah dapet duduk di baris paling belakang, mas-mas 2008 yang ikutan kelas ini badannya gede-gede. Aku harus pake kacamata dan duduk tegak terus jadinya.

Aku terus menggerutu panjang-pendek sambil nyari-nyari kacamata di dasar tas. Pengennya sih teriak keras-keras, “Mas-mas, mbak-mbak… pindah belakang sanaaaaa… ngalah donk sama adek tingkat yang badannya kecil iniiii!!!” Tapi mana berani. Dipelototin aja palingan udah mengkeret. Peace, bro and sist :p

HARI KAMIS PERTAMA

07.00-11.50 : ANATOMI-HISTOLOGI, PERILAKU MANUSIA

13.00-16.50 : KIMIA ANALISIS PRAKTIKUM (diakhiri dengan wajah ngenes dan hampir nangis karena dari 8 praktikum, cuma selese 3)

17.15-20.30 : RAPAT FARMA POS

21.00-21.30 : NGEPRINT SLIDE BUAT BESOKNYA

21.30-21.50 : SHOLAT ISYA’

22.00 : BACA KOMIK DETEKTIF CONAN SELEMBAR LALU TEPAAARR!
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .