Saturday, September 11, 2010

Published 10:37 AM by with 1 comment

Sepotong Kisah Klasik tentang OSPEK

Gue pengen tau, siapa sih yang bikin acara ospek pertama kali? Pengen gue lemparin sandal aja tuh orang. Gara-gara ide busuknya tentang ospek, gue jadi ikutan susah.

Ah, udahlah... yang berlalu biarlah berlalu. Hahay.

Sekarang aku mau cerita tentang ospek yang aku jalani beberapa minggu yang lalu.

Alhamdulillah, ospeknya udah nggak pake kekerasan kayak ospek jaman embah-embah kita dulu. Nggak ada hukuman push up sampe sekarat, lari jongkok keliling lapangan atau sejenisnya. Tapi tetep aja, dari dulu sampe sekarang, ospek nggak gampang, bro -.-

Berawal dari tanggal 18 Agustus yang lalu. Setelah acara pengukuhan yang panjaaaang di auditorium, mahasiswa-mahasiswa baru dikumpulkan menurut fakultasnya. Waktu itu aku barengan sama Ayu, temen satu fakultas yang asalnya dari Banten. Dan ketika anak-anak Fakultas Farmasi udah ngumpul di bawah tangga sebelah kiri auditorium, aku nemuin beberapa wajah yang udah aku kenal sebelumnya. Ada Ageng, temen sekelas waktu kelas 2-3 SMA ; Anny, temen les waktu kelas 3 SMP ; Lia, asalnya dari Lampung, temen waktu tes ELPT ; Riki, temen bertengkar waktu SMP ; Dhimas, temen sejak kelas 3 SMA ; Richad, temen sekelas waktu kelas 1 SMA ; Navik dan Shafira, temen satu SMA. Sisanya adalah wajah-wajah baru.

Habis itu, kita semua menuju gedung Fakultas Farmasi di kampus B. Aku boncengan naek motor sama Lia.

Oya, flashback bentar...

Emang aku hapal jalan dari rumah ke kampus C, trus kampus C ke kampus B? Sejak kapan?

Itu sih karena sehari sebelumnya aku ngajak Mbak Karla ngapalin jalan. Hahaha. Keliatan bego banget kan kalo pas hari H pengukuhan, aku telat gara-gara nyasar, apalagi aku udah lama tinggal di Surabaya. Begitulah pikiran konyolku berkata.

Next...

Ospek fakultas kita bertajuk ASPIRINT 2010 (Ajang Sosialisasi dan Perkenalan Mahasiswa Farmasi Terintegrasi). Tuhan... Nama ospeknya aja udah berbau obat gitu. Ckckck, luar biasa.

Aku masuk kelompok 11 – Anestesi. Waktu itu anggotanya cuma 8 biji, padahal kelompok laen rata-rata ber-12. Kakak wali kita namanya kak Safrin. Dan 8 anggota itu adalah...


Chyntia Tresna Nastiti. Asal : Nggak jelas. Rumah ortu di Nganjuk, tapi sekolah dari dulu di Surabaya. Bahasa daerah : Suroboyoan, tapi nyambung aja kalo ada yang ngomong bahasa Jawa versi lain.

Febi Syaiful Arif. Asal : Banyuwangi. Bahasa daerah : Jawa, tapi logat Madura.

Dicky Pratama. Asal : Surabaya. Bahasa daerah : Suroboyoan, tapi lama-lama kepengaruh bahasa Jawa versi lain. Dia ketua kelompok kita yang terpilih secara instan tanpa pertentangan berarti.

Fitria Afriani Rizki. Asal : Jakarta. Bahasa daerah : nggak punya. Nggak bisa bahasa Jawa, tapi Betawian juga kagak pernah. Paling cuma lo gue lo gueblek doank kadang-kadang. Hahaha.

Awanda ..... (lupa namanya). Asal : Tulungagung. Bahasa daerah : Bahasa Jawa, dengan jumlah vocab asing paling banyak menurut kita.

Avi Admikowati. Asal : Magetan. Bahasa daerah : Bahasa Jawa, logat Magetanianya kental euy.

Subhan Rullyansyah. Asal : Nggak jelas. Rumah aslinya di Madura, sekolahnya di Surabaya. Bahasa daerah : Bahasa Banci dan aksen Batak. Sejak awal ketemu, udah keliatan dia yang paling gokil dan aneh. Dalam kisah selanjutnya, dia jadi maskot kelompok kita dan terkenal di kalangan senior. Hahaha.


Mahandika Try Satya. Asal : Ponorogo. Nggak muncul sama sekali selama ospek hari-hari berikutnya.


Dan....


Kehidupan keras dan perjuangan Anestesi pun dimulai hari itu. Jeng jeng jeng jeeeng....


Sebelum ke cerita, kita nyanyiin dulu yel-yel Anestesi!


(nada Keong Racun)

Kami dari Anestesi

Anak-anak Fakultas Farmasi

Biar tugas bikin frustasi, tapi kita masih tetep hepi

Ikutan Aspirint 3x


(nada Cinta Satu Malam)

Ikutan Aspirint oh pusingnyaa

Ikutan Aspirint buatku begadang

Walau lima hari akan slalu ku kenang dalam hidupkuuu


Anestesi??

Tuhaaan... (gaya Subhan)


Kalo tau gaya jogetnya pasti kalian sakit perut nahan ketawa.


Hari itu juga, kita dapet sebongkah besar tugas untuk dikumpulkan di hari pertama ospek fakultas tanggal 24 Agustus. Padahal besoknya kita udah mulai PPKMB (nama lain ospek universitas) sampe tanggal 23 Agustus.


Tugasnya bikin eneg banget kalo diinget-inget.Ada essay curhat, essay Aku Cinta Farmasis, id card dengan lambang lithium ionofor V (apaan tuh?), buku bentuk Benzena, dll.


Jadi, tiap selese kegiatan PPKMB, ketika anak-anak fakultas laen langsung pulang dan leyeh-leyeh nunggu buka puasa, anak Farmasi ribet masalah tugas di kampus sampe malem. In fact, aku bersyukur juga, akhirnya hidupku udah nggak terlalu membosankan lagi. Thanks God.


Kayaknya sih Allah selalu ngitung jumlah anggota kelompokku. Udah dari awal paling minim, terus Mahandika ngilang, sisanya tinggal 7 orang deh. Then, sore hari pas kita ngumpul di depan Perpustakaan, datanglah seorang cewek yang ngaku-ngaku sebagai anggota kelompok 11. Dia adalaaaaaah...


Azarina Khoirun Nisa alias Ica. Asal : Bojonegoro. Bahasa daerah : Bahasa Jawa, tapi dalam prakteknya sering ngomong dengan gaya host acara Silet yang lebay itu, terutama kalo lagi sama temen-temen cewek.


Tapi ternyata emang bener kok dia anggota kelompok 11 yang pas hari pertama nggak ikut pengukuhan dan prosesi penerimaan tugas dari kak Safrin. Yaah, baguslah. :p


Dari awal, aku udah punya feeling bagus tentang kelompok ini. Anggotanya emang punya keunikan masing-masing, terutama Subhan, yang ternyata anak cheers di SMA-nya. (Hahaha, pis Han) – tapi meskipun aneh-aneh, kita tetep akur, rukun, saling membantu, rajin, aktif, nggak pelit dan sama-sama anak rantau. Yang daerah asalnya paling deket si Dicky, rantau dari Juanda. Huahaha.


Kita pol-polan kerja keras selama berhari-hari. Nggak cuma sekelompok, tapi seangkatan. Yeah, kita dituntut kompak seangkatan. Apa-apa harus sama seangkatan. Ngerepotin sih emang, tapi aku nggak ikut ambil peran. Hehe. Toh, nggak ada yang banyak cingcong ke panitia, soalnya sebenernya kita semua nyadar, pasti tujuannya baik buat kita.


Aku masih inget hari Minggu (H-2 Aspirint) aku dan temen-temen ngerjain tugas selama 13 jam di belakang Perpus, dari pagiii sampe malem. Kalo hari-hari sebelumnya kita masih dapet nasi kotak atau roti dari acara PPKMB, buka puasa pun nggak perlu dikhawatirkan. Tapi waktu itu nggak ada acara PPKMB. Kita juga terlalu sibuk sama gunting, kertas dan penggaris. Jadi begitu denger adzan Magrib, kita cuma bisa berseru ”Alhamdulillah”, tanpa ada sesuatu untuk dimakan atau diminum. Beberapa saat kemudian barulah Febi beli es teh buat temen-temen sekelompok. Karena kita nggak pelit, kita berbagi sama temen-temen kelompok sebelah yang belum sempat membatalkan puasa.


Jujur, itu adalah pertama kalinya aku ngerasain nikmatnya berbuka puasa.


Karena sistem yang baik, alhamdulillah kira-kira sore H-1 Aspirint, kelompokku selese ngerjain semua tugas hari pertama. Sistem yang baik di sini misalnya gini : sholat gantian, Dicky ngurus tugas angkatan, Febi ngurus bagian internal kelompok, Subhan keluar cuma buat fotocopy sama beli alat tulis. Keluar buat ngurus cetak foto, print, fax, dll pun secara bergantian. Wanda bagian tulis-menulis, Avi dan Ica bagian garis-menggaris, aku bagian apa aja (nulis, menggunting, menggaris, transport ke masjid, dll). Kira-kira kita pulang jam 9.30 malem. Udah paling cepet lho. Kelompok laen lebih parah.


Begitu nyampe rumah, kita pun nggak bisa langsung tidur. Masih ada essay-essay yang harus diselesein.


Itu baru tugas hari pertama! Tugas hari-hari berikutnya masih banyak. Tuhan... ambillah dia (apasih, ngelantur).


Selama hari-hari berikutnya, kerja kita makin tersistem dengan baik. Kita punya markas di tempat kosnya Ica. Di sanalah tiap sore sampe malem kita ngerjain mading, berlembar-lembar essay dan name tag. Di sana juga kita berbagi cerita tentang apapun, ngegosip, bercanda, tertawa, makan kalo lagi ada makanan, saling menyemangati kalo lagi homesick, dengerin Subhan nyanyi dangdut dan berbagai kegiatan yang bikin capek lainnya.


Selama 5 hari itu, aku kebagian tugas nyari bahan essay di internet, ngumpulin essay-nya sekelompok dalam satu map, ngumpulin lambang bendera punya anak-anak (sempet ilang satu waktu lagi di belakang Perpus, terus panik, sms Yenyen minta satu lagi, tapi akhirnya ketemu juga) dan ngumpulin barang-barang nggak penting kayak kertas bekas cover buku, klip, tempelan lambang Farmasi, dll (nggak penting tapi toh kepake juga).


Ada satu hal yang bikin aku heran tentang kelompok ini, yaitu KEBERUNTUNGAN. Entah siapa yang membawanya, pokoknya kelompok ini selalu beruntung dalam banyak hal. Mungkin Tuhan terlalu sayang sama kita ya. Hahaha.


Misalnya gini...


Hari pertama Aspirint, sekitar jam 6.15 pagi…id card udah kita pake sejak di perempatan gedung FEB yang merupakan daerah Aspirint, padahal di peraturannya id card harusnya dipake di depan pintu timur Fakultas Farmasi. Nah lho, pelanggaran pertama. Beruntung kita cuma diingetin, nggak dikasih hukuman.


Waktu penggeledahan. Kita dengan teledornya bawa barang-barang yang seharusnya dilarang dibawa, tapi nggak ketauan. Yang ketauan cuma guntingnya Ica, langsung kena deh hukuman essay 5 halaman folio. Parfumnya Subhan juga ketauan, tapi nggak kena hukuman. Semisal barang-barang terlarang yang ada di tas kita ketauan semua, tak terbayangkan berapa banyak essay yang harus dibikin. Subhanallah...


Tiap kumpul sama kawal sore harinya, kita selalu dapet ta’jil gratis dari kakak-kakak DKI. Nggak semua kelompok dapet lho. Hahaha.


Hari kedua Aspirint... Ada anak Farmasi yang telat trus parkir di parkiran FEB. Nggak tau hukumannya gimana. Aku juga telat dan parkir di FEB, tapi nggak ketauan soalnya aku lupa pake name-tag.


Ada barang-barang terlarang yang dibuang di deket lapangan bulu tangkis. Punya anak kelompok lain ketauan, tapi kita nggak.


Intinya nih, selama hari-hari nan berat itu, aku dan teman-teman laen tidur cuma 3-4 jam sehari, makan waktu buka puasa selalu molor, badan remuk redam kecapekan, mata item kayak zombie, tapi alhamdulillah kita sehat sampe hari terakhir. Super sekali.


Sebelnya nih, baru aja ketemu temen-temen baru yang klop, eh waktu kuliah kita dipencar. Aku, Ica, Fitri dan Avi ngumpul di kelas C ; Dicky sama Subhan di kelas B ; Febi kelas A dan Wanda kelas D. Huaaaa.


Masih banyak nih uneg-unegnya. Aku lanjut di posting selanjutnya yaa...

Salam Farmasis!

nb : ada beberapa foto Anestesi yang lucu, tapi masih di Ica dan Subhan. Kapan-kapan aku upload yaa :p

      edit

1 comment:

yuuk komen yuuk . . .