Thursday, December 16, 2010

Published 12:05 PM by with 0 comment

Studying over the night

07.15 am

Mulai belajar Statistika Bab III.

“Pendugaan parameter. Inferensi statistik. Inferensi statistik mencakup semua metode yang digunakan dalam penarikan kesimpulan atau generalisasi mengenai populasi…”

SMS masuk. Tiluliit!

Diah Farmasi : Lanjutkan jarkom! Bagi yang dulu tidak mengikuti LK Terpadu Aspirint bla bla bla

Aku ikut tauk!

Lalu nge-forward jarkoman ke Peky dan Ayu Diah.

“Inferensi statistik dapat dikelompokkan menjadi 2 bidang utama, yaitu pendugaan parameter dan pengujian hipotesis…”

Tiluliit!

Putri Keong : Chyn, kalo di daftar isi karya tulis itu habis 2.1 trus nulis 2.1.1 nya gimana?

Aku : Gini Put..
2.1.
2.1.1.
Send.

“Metode penggunaan Parameter suatu populasi dibedakan menjadi 2. Metode Pendugaan Klasik dan Metode Pendugaan Bayes.”

07.40 pm

Tiluliit!

Ageng Keong : Pang aku di depan rumahmu..

Tante manggil dari lantai bawah, “Tiaa…ada temenmuuuu!!”

Aku buru-buru turun ke lantai 1. Ageng copas tugas, trus ngobrol-ngobrol bentar. Ageng pulang, aku naek lagi ke lantai 2 dan duduk di depan meja belajar lagi. Pas ngelewatin meja makan, mencomot roti goreng satu biji.

“Metode pendugaan klasik…”

Ah, uraiannya nggak usah dibaca, kelamaan. Balik halaman selanjutnya.

Tiluliit!

Putri Keong : Oh gitu tah. Jadi semua sub-bab ditulis di daftar isi?

Aku : Yup yup
Send.

“Pendugaan Mean. Penduga titik bagi mean populasi miu adalah statistik X bar. Bila X bar adalah mean sampel acak berukuran n yang diambil dari suatu populasi dengan ragam o berponi kuadrat (mikir : simbol ini sebenernya dibaca apa sih) diketahui maka selang kepercayaan 100 kali 1-alfa persen bagi miu adalaaah…”

Tiluliit!

Mbak Hana : Asslm. Chyntia… besok PBA yaa… jangan lupa hapalannya surat Al-Bayyinah.

Aku : Belum hapal mbaak…

Mbak Hana : Nyicil hayoo…

Aku : Sehari seayat yaah mbak? :)

Mbak Hana : Besok 5 ayat aja deh.

Aku : (dalam hati langsung hapalan, “Lam yakunilladi….”, yaah, cuma hapal seayat beneran. Ke
laut ajee)

Haus nih habis maem roti goreng. Turun ke lantai 1, minum air putih segelas sambil ngelirik ke arah tv yang acaranya sinetron.

Tokoh 1 : Jangan sekali-kali kamu deketin anak saya lagi!

Tokoh 2 : Pa! Papa ini apa-apaan sih, Pa! Dia nggak salah apa-apa tauk Pa!

Tokoh 1 : Cukup! Papa nggak mau tau lagi! Papa nggak suka kamu deket-deket orang ini lagi!!!

Tanteku : Rasain tuh!

Eyangku : (ngerasain kehadiranku) Maem kolak pisang itu lhoh, Chyn. Ada di panci kecil di meja.

Aku : Okee.

Tokoh 1 : Pergi kamu sekarang juga! Pergii!


08.15 pm

Buru-buru naek ke lantai 2, duduk lagi di depan meja belajar.

Nyampek mana tadi? Ulang lagi pendugaan mean!

Oh, ini ya rumusnya.

Ambil kertas hvs bekas ngeprint, bikin rangkuman rumus di bagian yang kosong. Nulis sebaris rumus…

Tiluliit!

Pitung Keong : Sin, kmu punya buku Mathematic Engineering bla bla bla penulisnya bla bla bla?

Aku : Ga punya. Cari aja di perpus tung.
Send.

Lanjut nulis. Z alfa per 2 kali o berponi per akar n.

Loh, Z alfa per 2 dapetnya darimana ya?
(akhirnya nemu catatan kecil di pojok buku) Ooh, dapet di tabel z. (Menelusuri tabel statistika dari dosen).

Tiluliit!

Ateng Keong : Hey :(

Pitung Keong : Bisa minta tolong cariin di perpus UNAIR nggak? Di perpus ITS nggak ada.

Aku --> Ateng Keong : Yaa? Kenapa :( ?

Aku --> Pitung Keong : Oke, insyaallah besok yaa.
Send.

Tiluliit!

Windy Farmasi : Chynti, kesalahan hitung kita yang panjang gelombang 150% bla bla bla

Aku --> Windy Farmasi : (lemes, aku yang ngamatin panjang gelombang) waah, ngamatinnya
udah bener koq. Tapi mataku ma matamu kan beda. Hahaha.
Send.

Menyandarkan punggung ke kursi sejenak, tangan disilangkan di belakang kepala dan memandangi tulisan Semangat! Chyntia pasti bisa! di depanku. Lirik kanan-lirik kiri, lagi-lagi tertuju pada hp.

Facebook-an bentar ahh… udah lama nggak buka facebook. (terakhir buka facebook tadi sore sepulang kuliah)

08.45 pm

Tiluliit! Opera Mini nya dipause dulu.

Deny : Chyn

Aku : Yaa?

Buka Opera Mini lagi. Trus SMS masuk lagi. Biarin dulu, mau bales komen nih.
Trus SMS masuk lagi, bergetar-getar nggak sabaran. Ya udah, log out aja.

Deny : Lagi apa? Sibuk ga?

Lidya Flexi : Aku sedih. Hari ini si x nyuekin aku bla bla bla (curhat panjang lebar)

Hmmm…bales ke sapa dulu yaa…

Aku --> Lidya : Huyuu, jangan sedih bla bla bla (disave di draft dulu)

Aku --> Deny : Lagi belajar..kenapa?
Send.

Back to Lidya, ngelanjutin ngetik panjang lebar juga, terus send.

Deny : Gpp, nanya aja. Eh aku udah baca update blogmu loh…

Aku : Oh iya? Update yang mana yaa? (lupa beneran)

Seingetku udah di send, tapi ternyata belum. (Peace)

Melototin tabel lagi sampai… ooh, gitu… okelaah ngerti. Ngelanjutin ngerangkum rumus sampe akhir bab.

09.00 pm

Selese bab III. Sekarang waktunya nyoba latian soal! Smangat!

Tiluliit!

Ateng Keong : Koq ga dibales? :( (masalah klasik : operatornya Ateng sensi sama opeatorku)

Aku : Udah tauk :l (jawaban klasik)

Ateng Keong : Hmm…ya udahlah. Yang kemaren juga ga dibales.ckck. Kayaknya ada yang care
sama kamu tuh.

Aku : Kemaren juga udah aku bales -.-“ Hah? Sapa?

Novi Farmasi : Chyn, jangan lupa copyin matematika yaa… makasih

Aku : Okee novi sayaang. (hampir aja lupa)

Ocid Keong : He sipit, weekend ada acara ga? Ayok ikut ngumpul-ngumpul

Rizal : Chyn, besok bawain lakban yaa, aku minta. Hehe.

Mbak Safrin : Adek, jangan lupa hari Rabu mentoring bla bla bla

Ayu Farmasi : Chyn, ntar bangunin aku jam 2 yaa. Aku mau tidur bentar trus bangun buat
ngerjain PPKN. Oke? Semangat!

Aku : Yup yup.

Send to Rizal, Mbak Safrin dan Ayu Farmasi.

Aku --> Ocid Keong : Wah, belom tau, Bang... Weekendnya masih lama
Send.

10.00 pm

Aku nyalain laptop, buka flashdisk nya Novi, ngopyin file Matematika dan nemu game Quiz Parampaa. Huaa, Parampaa :D . Maen bentar ahh. In fact, maen game nggak pernah bisa bentar.

10.30 pm

2 SMS masuk dan dicuekin bentar demi Parampaa.

Ateng Keong : Hmmm --

Lidya Flexi : Sorii lama. Huhu, padahal kemaren si x baru aja nemenin aku nonton bla bla bla. Eh, kamu kapan kosong kuliah? Aku pengen ceritaa…

Aku --> Ateng Keong : Why? -.-“

Pitung Keong : Begadang?

Aku --> Lidya Flexi : Ya ini sekarang lagi nggak kuliah. Hehe. Cerita aja lewat tlepon atau sms say.

Aku --> Pitung Keong : Iyaa..kamu?

Lidya Flexi : iyaa ini juga lagi cerita lewat sms (sebel nih pasti, hehe)

Ateng Keong : Eh kamu nggak mau cerita-cerita ta, kayaknya lagi ada masalah? *berkaitan dengan update statusmu yang terbaru.

Pitung Keong : Sama. Ngerjain apa?

Aku --> Pitung Keong : ngerjain game Parampa, level 20an nggak naek-naek.
Send.

Dan smsan sama Ateng dan Lidya masih panjang ceritanya.

Ngelirik jam dinding.

11.00 pm

Udahan ah, konsentrasi belajar! Laptop ditutup tanpa shut down. Duduk diam sejenak sambil mendalami tulisan di depanku : “NIKMATI INDAHNYA ILMU PENGETAHUAN”.

Aku (dalam hati) : Inget, Chyntia...nikmati indahnya ilmu pengetahuan!

Lalu beranjak ke kamar mandi, cuci muka, wudhlu, nyalain dispenser buat bikin kopi chocochino favorit :q, lalu sholat Isya’ (telat banget sholatnya) trus dilanjutin ngaji sekalian hapalan Al-Bayyinah.

00.20 am

Udah ngaji, udah hapal 5 ayat. Bikin chocochino anget dan nyari-nyari sesuatu untuk dimakan.
Daaan…

Belajar Statistika lagi!

Tiluliit!

Deny : Ada yang masih bangun?

Aku (dalam hati) : Ada :D

Trus selanjutnya aku bener-bener konsen belajar.

“Sampel acak 8 batang rokok merk tertentu mempunyai kadar nikotin rata-rata 2,6 mg…”
Sluurrp… Chocochino-nya mantap jaya.

01.30 am

Telpon Ayu. Tuut… Tuut… Tuut… Tuut… Tuut… Tuut…

Lamaaa banget, akhirnya diangkat.

Aku : Udah bangun yuuk?

Ayu : Udaaah… Hoaahm…

Aku : Ya udah yaa, aku mau tidur…

Ayu : Iyaa, makasih yaah cin udah bangunin.

Aku : Yup yup.

02.00 am

Udah selese bab III-bab IV. Aye!

Sekarang waktunya masuk kamar, ngedit paper PPKN untuk besok, dan mencurahkan perasaan di diary atau di laptop untuk blog.

03.00 am

Membanting diri ke kasur dan zzzz…

Tiluliit!

Bodo amat!
      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .