Tuesday, July 27, 2010

Published 10:00 AM by with 0 comment

Hey Seventeen!

July 27th 2010

Umur gue udah resmi 17 tahun, bro!

Yeah, baguslah, akhirnya nambah juga umur gue. Rasanya lamaaa banget nungguin hari ulang taun gue sendiri. Padahal kalo gue liat temen-temen gue, kayaknya kok sering banget mereka ulang taun, ya? Yang seangkatan gue udah pada umur 18-19 taun pula. Sedangkan gue nggak cabut-cabut dari umur 16 taun sampe lulus SMA. Hahaha.

Biasanya sih orang-orang nyebutnya sweet seventeen. Gue masih nggak paham kenapa. Prasaan biasa aja deh. Kenapa nggak sweet 16 atau sweet 15 gitu?

Pernah gue nanya ke temen gue tentang itu. Dengan lagak sok tuanya dia bilang, “because in seventeen, you’ll get sooooo many sweet sweet things you’ve never had before.”

Are you sure?

Menurut gue malah yang sweet itu umur 15. Gara-gara kepengaruh lagu-lagu bule nih. Yang sering disebut kan fifteen, bukan seventeen. Iya kan?

Contohnya ada di lagu 100 years-nya Five for Fighting. Kalo nggak salah gini liriknya…

Fifteen there’s still time for you

Time to buy and time to lose

Fifteen, there’s never a wish better than this

When you only got a hundred years to live…

Juga di lagu Fifteen punya Taylor Swift…

Fifteen

Somebody tells you he loves you

You gotta believe him

…. (nggak tau,hehe)

Can’t pretend, can’t

Before you know….

Fifteen

Nggak nanggung liriknya bener apa nggak, asal denger aja tuh. Efek nggak pernah mudeng pelajaran listening Bahasa Inggris waktu sekolah dulu.

Sebenernya ada satu lagi yang sering gue nyanyiin liriknya, tapi sekarang pas nulis ini gue malah lupa. Hehe.

Yah pokoknya gitulah. Orang-orang bule mengistimewakan fifteen ketimbang seventeen. Gue yang bukan orang bule rada-rada setuju juga sih. Soalnya waktu umur 15 hidup gue rasanya bener-bener hidup.

Kalo sekarang, taun 2010 gue 17 taun, bearti gue umur 15 waktu taun berapa ya?

Ayo diitung, anak-anak…

“17 dikurangi 15 berapa?”

“2, Bu!!!”

“Pinterr, tapi jarinya jangan ngacungin tanda metal gitu donk, anak-anak. Sekarang 2010 dikurangi 2 berapa hayoo?”

“2008, Bu!”

(mesti ada dialog nggak penting gini, plis deh -.-“)

Bearti gue umur 15 taun pas taun 2008. Kalo nggak salah itu waktunya taun ajaran baru kelas 2 SMA. Wah, taun yang indah semasa SMA tuh.

Waktu itu, gue lagi rajin-rajinnya ngluyur. Rasanya ngluyur, apalagi mbolang adalah kehidupan gue. Akhirnya kebiasaan ngluyur itu jadi hobi sampe sekarang dan semakin berkembang jadi mimpi besar gue : keliling dunia.

Di usia 15 taun juga, gue kenal sama (novel tetraloginya) Andrea Hirata yang disebut-sebut terbaik se-jagat raya lah, national best seller lah, masuk nominasi ini itu lah, bla bla bla. Yang pasti buat gue, novel itu TOTALLY INSPIRING! Setiap saat, setiap waktu, gue baca novel-novel itu, gue bolak-balik ratusan kali sampe kertasnya jadi abu. Apalagi temen gue, Dharu, juga tergila-gila sama novel-novel itu. Pokoknya kalo udah ngomongin tentang novel itu pasti menggebu-gebu banget kayak supporter bola.

Trus selain novel-novelnya Andrea Hirata, ada beberapa buku lain yang juga meng-inspirasi gue untuk berkembang di usia sweet 15. Salah satunya : Metode Mewujudkan Mimpi karya Paul Levesque. Itu buku kado ulang taun dari Om sama Tante gue. Mereka juga hobi banget ngomporin gue untuk “bermimpi”.

Gue berkembang jadi orang yang optimis di umur 15 taun. Rasanya mantep banget mimpi-mimpi gue waktu itu, bikin gue thinking high and feeling high. Semua rencana masa depan gue bikin sesempurna mungkin waktu itu. Wrrr.

Pokoknya gue ngerasa “mengenal dunia luar” di umur 15 taun.

Beruntung gue pernah punya umur 15 taun yang sip itu.

Kalo di usia 16 taun, semangat bermimpi gue udah nggak se-lebay waktu 15 taun. Gue udah mulai banyak pikiran dan cenderung lebih pesimis ngeliat kenyataan saat itu. Apalagi itu taun terakhir di SMA. Gue disibukkan dengan ujian-ujian yang nggak enteng. Banyak hal yang bikin hidup lebih tegang lah pokoknya. And really, my life is not easy anymore. Hohoho.

Dan gue udah 17 taun sekarang. Gue harusnya bisa lebih matang di usia yang lebih dewasa ini. Apalagi gue udah kuliah habis ini.

Nggak boleh bersikap kayak anak kecil lagi.

Nggak boleh manja.

Harus bisa bikin ortu bangga dan bahagia.

Tapi kalo gue liat-liat, beberapa temen gue yang udah duluan sweet 17-nya, kelakuannya nggak jauh beda tuh sama gue yang masih 15-16 taun. Ada juga sih yang keliatan bersikap dewasa dan berhasil menghilangkan immature-nya, tapi dikiit.

Well, just try to be better and still be youself.

Kalo harapan ortu buat anaknya yang beranjak dewasa gini, nggak muluk-muluk amat kok.

Mereka nggak bakal nuntut kita jadi pemegang rekor nasional makan bakso 30 biji dalam waktu 30 detik, jadi anak yang populer di tv karena nemu batu ajaib yang bisa nyembuhin penyakit panu atopun jadi pemenang lomba renang gaya batu. Hahahaha.

Nggak bakal minta yang aneh-aneh lah pokoknya.

Mereka cuma minta kita jadi anak yang biasa-biasa aja, nggak neko-neko, nggak nyusahin orang tua.

Kalo pesen emak buat gue…

Lebih rajin solat dan ngaji;

Rajin belajar, jangan kebanyakan main;

Bisa bagi waktu;

Dan yang paling penting tetep jadi orang baik, apapun yang terjadi

Eh yang terakhir so sweet, mak. Copas dari mana tuh? Hehe.

Menurut gue kalo kita bisa nurutin keinginan ortu yang sederhana itu, kita udah bisa bikin mereka bahagia kok. :)

Well, I guess 17 means 

* punya KTP (statusnya Mahasiswa lhoo) Hohoho.

* bisa bikin SIM A (iya kalo lolos tes -.-“)

*cepet dapet pacar! Hahaha.

And the point is :

* nggak ada lagi istilah “you haven’t been seventeen yet, what do you know about right or wrong?” yaay! Aku udah muak sama pertanyaan itu. Hahaha

Ada yang mau nambahin?

So, welcome seventeen! Thanks everybody for wishing me the best in this year. Wish ya all the best too. Much love, Chyntia. :*

NOTE : ups, sori keblablasan pake bahasa “lo gue lo gueblek” lagi :p

      edit

0 komentar:

Post a Comment

yuuk komen yuuk . . .