Saturday, July 24, 2010

Published 12:57 PM by with 1 comment

Why Do You Like Writting?

Gue suka baca-tulis sejak kecil. Apapun yang bisa gue baca, pasti gue baca. Mulai dari tulisan plang APOTEK dan tulisan SELAMAT DATANG DI KOTA SURABAYA sampe koran yang tulisannya berentetan kayak semut (tapi cuma headlinenya aja sih). Dan gue suka nulis. Apapun yang bisa gue tulis, pasti gue tulis. Bodo amat orang bilang tulisan gue kayak ceker ayam, kayak rumput ataupun kayak font Edwardian Script miring ke kiri (lhoh, biasanya kan miring ke kanan). Yang penting gue nulis. Hebatnya, gue bisa nulis sejak TK! (Semua orang juga gitu kali’).

Emak gue orang yang care sama urusan baca-tulis kayak begini. Tiap hari selama gue TK, gue diprivat baca-tulis sama emak gue. Emak paling geregetan ngeliat tulisan gue yang sama sekali nggak ada nilai estetikanya, sampe kepalanya digeleng-gelengin puluhan kali saking sebelnya sama tulisan indah gue. Tapi gue nggak peduli, yang penting gue nulis dan terus nulis. Huaaahaha.

Hobi menulis itu akhirnya tersalurkan waktu SMP. Sesekali hasil karya gue nongol di majalah sekolah. Entah itu puisi, cerita hantu ataupun surat pembaca yang panjangnya 2 baris doank. Dan sekolah gue dengan senang hati memberikan honor buat murid yang tulisannya dimuat di majalah. Duit honor nggak seberapa gede sih. Pas awal-awal nulis, 1 aritkel puisi dihargai lima ribu, trus makin lama makin meningkat sampe akhirnya pas kelas 3 SMP, gue dapet 15 ribu dari hasil nulis cerita pendek. Tapi biarpun dikit, gue seneeeng minta ampun. Waktu itu duit segitu cukup buat nraktir temen sebangku gue jajanan kantin :p

Seiring waktu berjalan, gue makin rajin kalo disuruh nulis-nulis, termasuk nyalin catatan pelajaran di papan tulis. Dan gue pasti kumat cekatannya kalo disuruh nyalin catetan kayak gitu. Hap hap hap. Eh salah, itu mah loncat, maksud gue sret sret sret...tangan gue dengan lihainya nulis sampe ujung jari belepotan tinta. Beda sama gue pas lagi ngegambar. Srok srok srok...suara penghapus lebih dominan. Hahaha, payah amat.

Selama sekolah, tanpa gue sadari, gue udah bikin banyak banget karya. Paling sering naskah drama dan teks narrative yang lebai bin dramatis. Dan gue sering dapet nilai excellent dari guru bahasa Inggris gue di SMA. Terbukti, naskah lebai menghasilkan nilai lebai pula. Hohohooek.

Guru les bahasa Inggris waktu kelas 1 SMA pernah nanya.

Guru : What’s your hobby?

Gue : Err... I have so many hobbies, Sir. Such as Travelling, eating, reading and...writting.

Guru : Oh, so you love writting? That’s great. I’ve guessed it right then.

Gue : Pardon?

Guru : Yes, I guessed that you love writting. Because you’re not very good at speaking. Sometimes people who love writting doesnt love speaking.

Gue : (Yee, bilang aje kalo gue speaking gue ancur, gak usah sok nebak kalo gue suka nulis)

Sori, ngerti yang gue maksud?

Guru itu bilang kalo dia udah nebak kalo gue orang yang suka nulis, soalnya speaking gue jelek banget. Katanya orang yang suka nulis tuh kadang emang nggak suka speaking.

Tapi terbukti guru les gue itu bener. Waktu final test, nilai speaking gue nggak nyampek 75 dan nilai writting gue 75. Hahaha, mananya yang bagus.

Tapi masih ada kelanjutannya kok dialog itu.

Guru : How do you write? (Pertanyaan yang aneh, kayak beliau gak pernah nulis aja)

Gue : Just sit down, take a pen and paper, then I write. Is that what you mean?

Guru : Okay. Then why do you write?

Gue : Err... (speechless) I don’t know. I think I like it.

Guru : Why do you like...

Gue : (memotong kata-katanya) You wanna ask me why I like writting? Oh, I just like it, like it and like it. Just the same as why do you like watermelon. You just like it, right? There is no reason to explain.

Guru : Nah gitu donk kalo ngomong, nggak usah malu-malu.

Gue sebel denger jawaban guru itu. Trus dengan santainya dia menuliskan nilai B buat gue di catetan nilai hariannya.

Oh, thanks.

Why do you like writting?

Sekarang gue tau jawabannya.

Kenapa gue suka nulis?

Karena kemanapun gue pergi, gue selalu punya cerita untuk dituliskan. Gue bukan pendongeng yang baik, gue nggak bisa nyerocos dengan lancar, tapi gue bisa menulis hingga menyentuh hati pembacanya. (Wososs)

Selesai.

Fiuhh, lega deh. Biarin aja telat nemuin jawabannya. Huhuu... Tapi kayaknya bener deh jawaban itu. Hahaa... :)

      edit

1 comment:

yuuk komen yuuk . . .